Waspada, Stres Berlebihan Bisa Jadi Penyebab Biduran

Waspada, Stres Berlebihan Bisa Jadi Penyebab Biduran

Pernahkah Anda mengalami bentol dan gatal-gatal atau biduran secara tiba-tiba? Ada banyak penyebab biduran yang bisa dialami, seperti reaksi alergi hingga gigitan serangga. Tetapi, selain penyebab umum tersebut, stres bisa jadi pemicu munculnya biduran, lho! 

Penyebab biduran kambuh bisa karena paparan udara dingin

Jika Anda mengalami biduran karena stres, itu mungkin merupakan tanda peringatan bahwa Anda perlu mengurangi sumber stres dalam hidup Anda, apakah itu terkait dengan pekerjaan, hubungan, keuangan, atau faktor lainnya.

Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 

Alasan Stres Jadi Penyebab Biduran

Stres adalah reaksi tubuh terhadap situasi yang terasa berlebihan atau menciptakan kecemasan. Meskipun sering dianggap sebagai psikologis, stres juga memiliki manifestasi fisik.

Ketika stres kekebalan turun sehingga tubuh menjadi lebih sensitif terhadap alergen dan menjadi penyebab biduran. 

Selain itu, perubahan hormonal atau kimia yang terjadi sebagai respons terhadap stres juga alasan munculnya ruam ini. Perubahan ini dapat memicu pembuluh darah melebar dan bocor, menyebabkan bercak merah dan bengkak pada kulit. 

Bentuk Biduran yang Dipicu Stres

Secara terpisah, bentuk-bentuk stres ringan berdampak kecil pada tubuh. Namun, paparan stres yang sering atau kronis dapat memicu efek samping yang merugikan.

Salah satu tempat di mana stres dapat berdampak adalah pada kulit seseorang. Biduran yang muncul akibat stres biasanya berupa bintik-bintik dan bentol berwarna merah. 

Ukurannya bervariasi dan dapat terjadi di bagian tubuh manapun. Umumnya, ruam stres ada di wajah, leher, dada, atau lengan. Area yang terkena biduran bisa terasa gatal. Saat Anda sudah bisa mengatasi stres tersebut, gatal-gatalnya akan hilang.

Dalam beberapa kasus, mereka menyebabkan sensasi kesemutan atau terbakar saat disentuh. Pada kasus yang lebih buruk, stres dapat memperburuk kondisi kulit yang dikenal sebagai psoriasis dan eksim.

Cara Mengatasi Biduran 

Manajemen emosi sangatlah diperlukan ketika Anda mengalami biduran akibat stres. Sebaiknya, hindari hal-hal yang hanya akan memperburuk biduran seperti konsumsi alkohol atau kafein.

Sebenarnya, biduran karena stres jarang menjadi masalah serius. Bahkan, sebagian besar biduran akibat stres akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, mereka bisa kembali. Beberapa mungkin bertahan selama enam minggu.

Hindari menggaruk ruam, yang dapat memperburuk dan bahkan menyebarkan bakteri melalui goresan kecil di kulit. Anda juga dapat meredakannya dengan kompres dingin dan kompres es.

Cara ini dapat membantu meredakan pembengkakan dan gatal-gatal (tetapi jangan mengoleskan es langsung ke kulit). 

 Anda dapat lakukan relaksasi untuk mengelola stress. Relaksasi bisa dilakukan dengan yoga, meditasi, ataupun berolahraga.  

Kapan Harus Mencari Bantuan?

Secara sederhana, Anda memerlukan bantuan profesional ketika biduran terasa sangat mengganggu. Pengobatan juga diperlukan untuk mengatasi gatal-gatal yang sudah menutupi seluruh tubuh karena ini menjadi Anda mengalami iritasi. 

Perlu diingat, penyebab biduran karena stres dapat dianggap akut jika tidak hilang selama 6 minggu. Jika mereka bertahan lebih lama, mereka dianggap kronis.

Selain stres, penyebab biduran diantaranya:

  • Paparan dingin atau panas
  • Kontak dengan alergen seperti bulu binatang, cuaca dingin, debu, asap, serta serbuk bunga.
  • Beberapa makanan seperti susu, telur, makanan laut dapat menyebabkan alergi.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu.
  • Gigitan serangga.

Demikian informasi mengenai salah satu penyebab biduran yaitu stres. Mengalami biduran bisa menjadi tidak nyaman terlepas dari kapan itu sembuh.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembab untuk menjaga kulit tidak kering, yang bisa memperparah rasa gatal, ya!

Leave a Reply