Selain Mengonsumsi Vitamin untuk Kulit Kering, Nutrisi Ini Juga Dibutuhkan Kulit

Selain Mengonsumsi Vitamin untuk Kulit Kering, Nutrisi Ini Juga Dibutuhkan Kulit

Selain Mengonsumsi Vitamin untuk Kulit Kering, Nutrisi Ini Juga Dibutuhkan Kulit Anda

Kulit kering umumnya disebabkan oleh sejumlah faktor, antara lain dehidrasi, penuaan, perubahan musim, alergi, hingga kekurangan vitamin. Nah, ada sejumlah vitamin untuk kulit kering yang bisa dikonsumsi sebagai salah satu cara mengatasinya.

Tergantung dari penyebabnya, ada berbagai cara untuk mengatasi kulit kering. Misalnya, dengan mengoleskan pelembap secara rutin hingga mengubah pola hidup agar lebih sehat dengan mencukupi asupan air dalam tubuh dan mengonsumsi jenis vitamin untuk kulit tertentu. 

Selain suplemen vitamin untuk kulit kering, Anda mungkin membutuhkan nutrisi lain untuk memperbaiki kondisi kulit agar tetap sehat dan lembap. Berikut adalah berbagai jenis kandungan nutrisi yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering.

1. Kolagen

Beberapa studi yang dimuat dalam Journal of Drugs in Dermatology menemukan, konsumsi suplemen kolagen dapat membantu meningkatkan hidrasi kulit sekaligus mengurangi kemunculan kerutan. Hasil penelitian lainnya pada jurnal Skin Pharmacology and Physiology yang dilakukan terhadap 69 wanita menemukan, konsumsi kolagen sebanyak 2,5 – 5 gram per hari selama 8 minggu terbukti dapat meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit secara signifikan daripada kelompok plasebo. Selain melalui konsumsi suplemen, Anda bisa memenuhi asupan nutrisi kulit satu ini melalui makanan yang mengandung kolagen.

2. Lutein dan zeaxanthin

Kedua jenis karotenoid ini merupakan antioksidan kuat yang tidak dapat diproduksi di dalam tubuh. Maka dari itu, Anda perlu memperolehnya melalui asupan makanan. Studi yang dipublikasikan dalam Clinics in Dermatology menemukan, konsumsi suplemen lutein dan zeaxanthin dapat meningkatkan kelembapan kulit sehingga mencegahnya dari kondisi kulit kering. Tak hanya dari suplemen kesehatan, Anda dapat mengonsumsi sayuran hijau, seperti kale, kangkung, dan bayam, sebagai cara terbaik memperoleh asupan lutein dan zeaxanthin.

3. Hyaluronic acid

Hyaluronic acid merupakan kandungan zat utama dari sejumlah produk perawatan kulit, terutama pelembap. Zat ini diketahui dapat bekerja dengan meningkatkan hidrasi kulit.

4. Probiotik

Kondisi kulit yang kering umumnya rentan terhadap peradangan. Mengingat peradangan dapat disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang terganggu dan sebagian besar sistem pencernaan Anda, maka konsumsi makanan mengandung probiotik cukup disarankan. Meski demikian, perlu diketahui bahwa kaitan konsumsi probiotik dalam mencegah kulit kering ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

5. Ceramide

Selain hyaluronic acid, ceramide juga menjadi bahan utama kandungan skincare untuk kulit kering. Zat yang berasal dari molekul lemak ini baik dalam menjaga kesehatan kulit. Sejumlah studi menemukan, manfaat ceramide dapat meningkatkan hidrasi kulit sehingga mengatasi kulit yang kering.

6. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu jenis pelembap alami kulit. Sebuah penelitian di Jepang menemukan, pemberian suplemen asam lemak dari lidah buaya selama 12 minggu terbukti dapat meningkatkan kelembapan dan kelenturan kulit.

7. Minyak ikan

Anda juga dapat mengonsumsi minyak ikan untuk mencegah kulit kering. Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Marine Drugs, minyak ikan mengandung doxosahexaenoic acid dan eicosapentaenoic acid, yakni dua jenis asam lemak esensial yang bersifat antiradang sehingga mampu mengatasi berbagai masalah peradangan kulit.  Konsumsi suplemen minyak ikan juga diyakini dapat meningkatkan hidrasi kulit. 

Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi pada Journal of Dermatological Science yang membuktikan, konsumsi minyak ikan dapat meningkatkan hidrasi kulit sebanyak 30% setelah konsumsi 60 hari berturut-turut. Menariknya lagi, manfaat minyak ikan dapat menurunkan risiko peradangan kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari berbahaya.

Selain memberikan vitamin untuk kulit kering dengan mengonsumsi suplemen, Anda juga bisa mendapatkan nutrisi atau kandungan lain untuk melembapkan kulit. Jika ingin mendapatkan hasil terbaik dan penanganan yang tepat mengenai masalah kulit kering Anda, bisa berdiskusi dengan dokter kulit melalui SehatQ.

Leave a Reply