Vaksin Konjugasi Pneumokokus (PCV) Pada Anak-Anak

Vaksin Konjugasi Pneumokokus (PCV) Pada Anak-Anak

Penyakit pneumokokus merupakan penyebab umum morbiditas dan mortalitas yang substansial. 

Pada populasi anak. Infeksi pneumokokus, yang merupakan penyakit bakteri paling serius pada masa bayi dan anak usia dini, merupakan penyebab utama otitis media akut, sinusitis, pneumonia, meningitis bakteri, dan bakteremia. Streptococcus pneumoniae adalah agen penyebab dalam persentase besar dari infeksi ini, meskipun mikroorganisme lain juga berperan.

Munculnya strain yang resistan terhadap obat baru-baru ini telah memberikan insentif yang kuat untuk mencegah infeksi pneumokokus dengan vaksinasi. Namun, vaksin pneumokokus polisakarida kapsuler yang digunakan untuk mengimunisasi orang dewasa tidak imunogenik atau protektif pada anak kecil karena respons antibodi yang buruk.

Maka dari itu, penelitian difokuskan pada pengembangan PCV imunogenik tambahan untuk memberikan kekebalan jangka panjang pada anak diatas 2 tahun. Pendekatan yang paling menjanjikan adalah pengembangan vaksin PCV adalah protein polisakarida untuk 7 serotipe yang paling sering mengakibatkan infeksi pada masa anak – anak.

PCV efektif yang melindungi terhadap serotype ini memiliki potensi untuk mencegah 85% tahapan bacteremia, 83% tahapan meningitis, serta 65% kasus otitis di kalangan anak – anak di bawah 6 tahun. Food and Drug Administration (FDA) menyetujui vaksin PCV protein – polisakarida untuk mencegah penyakit pneumokokus invasive pada bayi dan balita diatas 2 tahun.

Vaksin terkonjugasi melawan pneumokokus ini menggunakan teknologi yang sama dengan vaksin yang berhasil melawan Haemophilus influenzae tipe b. Ini terdiri dari protein imunogenik tetapi inert yang digabungkan secara kovalen dengan lapisan polisakarida dari strain pneumokokus yang dipilih.

Antigen terkonjugasi menginduksi respon imun berbasis sel T yang lebih kuat pada bayi, yang berkembang pada saat mereka berusia 2 bulan. Beberapa pertanyaan penting mengenai vaksin ini untuk anak < 2 tahun: Apakah vaksin ini aman? Apakah itu imunogenik? Apakah berkhasiat dalam mencegah penyakit pneumokokus invasif dan mengendalikan otitis media?

Hasil dari 3 uji coba secara acak tersamar ganda yang dirancang untuk mengevauasi keamanan dan imunogenitas vaksin ini pada anak sehat yang berusia di atas 2 tahun dialporkan dalam 3 hari terakhir. Studi menemukan bahwa vaksin tersebut tergolong aman dan sangat imunogenik untuk ke tujuh serotype.

Vaksin konjugasi pneumokokus (PCV) heptavalent aman dan sangat efektif dalam mencegah meningitis pneumokokus dan pneumonia bacteremia pada anak kecil yang berusia diatas 2 tahun, kurang efektif dalam mencegah otitis media.

Berdasarkan hasil dari tiga penelitian yang telah dirancang dengan baik dapat menunjukkan keamanan, imunogenisitas, serta kemajuan vaksin. Vaksin tersebut aman dan juga efektif untuk imunisasi aktif anak yang berusia di atas 2 tahun terhadap penyakit invasive yang diakibatkan oleh tujuh serotype streptococcus pneumonia yang termasuk dalam vaksin.

Saat ini tidak ada consensus medis yang jelas mengenai keamanan dan kemanjuran untuk mengontrol otitis pada anak yang berusia di atas 2 tahun.

Aplikasi ini belum dievaluasi oleh FDA. Vaksin konjugasi pneumokokus (PVC) harus dianggap eksperimental, dan belum terbukti aman atau manjur untuk penyakit Streptococcus pneumoniae selain yang disebabkan oleh serotipe yang termasuk dalam vaksin dan untuk infeksi invasif, seperti bakteremia atau meningitis, yang disebabkan oleh mikroorganisme lain.

Apakah Vaksin PCV aman untuk didapatkan?

Seperti vaksin pada umumnya, mendapatkan vaksin PCV ini juga dapat menimbulkan adanya efek samping seperti demam, nyeri dan juga bengkak pada area yang disuntuk vaksin PCV. 

Namun, efek saming ini jarang terjadi ehingga vaksin PCV tergolong aman dan juga efektif untuk membantu Anda mencegah adanya infeksi bakteri pneumokokus yang berbahaya ini.

Leave a Reply