Tips Memilih Shampo Untuk Menebalkan Rambut

Tips Memilih Shampo Untuk Menebalkan Rambut

Rambut tebal, kuat dan sehat merupakan incaran setiap orang terlebih mereka yang memiliki rambut yang tipis. Tipe rambut ini bisa terjadi karena genetika atau gaya hidup, bahkan gabungan dari keduanya. Kondisi-kondisi tertentu juga bisa menjadi penyebabnya.

Untuk itu, beberapa hal mungkin bisa kamu lakukan guna memberikan efek tebal dan menutrisi rambutmu sehingga lebat dan tebal. Kamu bisa menggunakan shampo atau dengan perawatan rumahan lainnya.

Sebelum menggunakan shampo untuk menebalkan rambut, kamu bisa pastikan bahan-bahan yang terkandung tidak akan membebani rambutmu atau malah menimbulkan alergi. Berikut ada tips memilih shampo untuk menebalkan rambut

Tips memilih shampo untuk menebalkan rambut

Shampo mungkin dapat dipilih untuk menebalkan rambut. kamu juga bisa menambahkan perawatan lain seperti kondisioner, serum, masker, atau tonik untuk mengoptimalkannya. 

Pilihlah shampo yang khusus diformulasi untuk menebalkan rambut dengan kandungan yang membantu menutrisinya. Kamu bisa memilih shampo untuk menebalkan rambut dengan bahan:

  • Bahan pengontrol minyak – untuk membatasi produksi sebum agar tidak membuat rambut rontok
  • Polimer – untuk melapisi serat rambut dan mengangkatnya.
  • Pati atau bedak – untuk meningkatkan volume.
  • Surfaktan – untuk membersihkan tanpa meninggalkan residu.
  • Minyak biji rami
  • Vitamin, seperti vitamin E
  • Sari tanaman, misalnya ekstrak aloe vera, ginseng, jojoba oil, olive oil, almond oil
  • Sari buah, misalnya ekstrak citrus
  • Zinc 
  • Biotin
  • Asam amino dan asam folat 

Pastikan untuk sesuai dengan tipe rambutmu sehingga tidak menimbulkan masalah lainnya setelah pemakaian. Perhatikan apakah ada kandungan yang membuat kamu menimbulkan reaksi alergi atau memperparah masalah rambut selain rambut tipis, misalnya apakah kamu juga berketombe. 

Jika rambutmu telah mendapat hair styling, pilih shampo yang bisa menutrisi rambutmu itu. Atau jika rambutmu kering atau berminyak, kamu bisa memilihnya berdasarkan tipe rambut. Berkonsultasi pada ahli kesehatan atau kecantikan bisa menambah referensimu untuk mendapatkan shampo menebalkan rambut terbaik.

Tips menebalkan rambut berkaitan dengan gaya hidup

Rambut tipis bisa terjadi karena genetik atau gaya hidup. Jika kamu merasa gaya hidupmu memberikan banyak pengaruh pada rambutmu, maka segera ubah. Ada beberapa hal terkait gaya hidup yang bisa kamu lakukan untuk menebalkan rambutmu dan menghindari penipisan yang parah. 

  1. Diet

Ini bukan berarti kamu harus diet ekstrim seperti untuk menguruskan badan, ya. Maksudnya adalah lakukanlah diet atau pola makan seimbang yang sehat. Pastikan mendapat kandungan lemak dan protein yang cukup dan baik untuk mencegah penipisan rambut. Mengonsumsi ikan, telur, kenari, almond, yogurt, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau membantu menebalkan rambut.

  1. Suplemen

Selain dengan makanan, suplemen juga bisa membantu untuk menutrisi tubuh, karena mungkin ada beberapa makanan yang tidak dapat dikonsumsi. Pilihlah vitamin B5, B12, A, zat besi, zinc dan biotin untuk membantu membuat rambut tebal.

  1. Miliki rambut pendek

Jika kamu rambutmu tipis, memiliki rambut yang lebih panjang akan membuatnya terlihat lebih tipis. Untuk mensiasatinya, kamu bisa memotong rambutmu setinggi bahu atau bahkan lebih pendek. Ini akan memberi ilusi bahwa rambutmu lebih tebal.

  1. Cuci rambut dengan benar

Mencuci rambut dengan benar akan membersihkan rambut dari berbagai kotoran dan kandungan kimia lainnya yang bisa menjadi masalah pada rambut dan kulit kepala. Berikut ini ada cara mencuci rambut yang baik:

  • Gunakan air hangat untuk membasahi kulit kepala dan rambut
  • Pijatkan shampo yang telah bercampur air dengan lembut ke kulit kepala dan rambut 
  • Setelah putaran pertama keramas, bilas dengan air dingin dan ulangi putaran kedua
  • Bilas dengan baik dan oleskan kondisioner
  • Cuci setelah 3-5 menit untuk menghilangkan semua kondisioner
  • Gunakan kain lembut untuk mengeringkan rambut dan akhiri dengan serum
  1. Tata rambut dengan lembut

Saat rambutmu tipis, rawat dengan lembut dan istirahatkan dengan cara menatanya dengan lembut. Ini akan menghindari kerontokan dan membuat rambutmu lebih terlihat lebih tebal. Tips yang bisa kamu ikuti untuk menata rambut dengan lembut, yaitu:

  • Hindari menguncir atau menarik rambut, terutama saat rambut basah
  • Hindari mengeringkan rambut terlalu lama dan pilihnya dengan suhu panas yang rendah
  • Cobalah memakai sisir yang lebih lebar agar tidak mencabut rambut saat kamu menggunakannya 
  • Pertimbangkan gaya rambut yang bagus, kamu bisa meminta saran hair stylist atau ahli kecantikan lainnya
  1. Berhenti merokok dan jangan stress

Selain berpengaruh pada penyakit tubuh di paru-paru, merokok bisa menyebabkan kerontokan karena dapat merusak DNA folikel rambut. Satu-satunya solusi adalah dengan berhenti merokok.

Sama dengan merokok, stress juga bisa menyebabkan kerontokan yang berujung pada rambut yang tipis. Sebaliknya jika kamu tidak stress setidkanya rambut rontok akan berkurang dan membuatnya sedikit lebih tebal. 

Shampo untuk menebalkan rambut memang baik dan menjadi salah satu solusi menebalkan rambut. pilihlah shampo yang mengandung bahan yang baik untuk menutrisi dan mendukung pertumbuhan rambut, tapi tetap sesuai dengan tipe rambutmu.

Tak cukup hanya shampo, gaya hidup pun harus diperhatikan untuk mencapai rambut yang tebal atau setidaknya mengurangi penipisan rambut. penggunaan suplemen, hair tonic, masker, serum, dan kondisioner juga bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan penebalan rambutmu.

Dapatkan shampo untuk menebalkan rambut beserta tambahannya hanya di Toko SehatQ. Di Toko SehatQ tersedia berbagai macam varian yang bisa kamu pilih sesuai dengan kondisi rambutmu. Jangan khawatir, produk di Toko SehatQ asli dan terpercaya karena berasal dari merchant official. Kunjungi Toko SehatQ sekarang dan dapatkan harga terbaiknya.

Leave a Reply