Makanan Alami Tambah Darah Tanpa Tablet

Makanan Alami Tambah Darah Tanpa Tablet

Makanan Alami Tambah Darah Tanpa Tablet

Tablet tambah darah merupakan suplemen penambah darah yang cukup praktis dikonsumsi untuk mencegah Anda terkena anemia atau saat Anda mengalami kondisi kurang darah tersebut.

Tablet diberikan apabila memang Anda ternyata belum dapat memenuhi kebutuhan harian Anda akan zat besi dan asam folat untuk mengatasi anemia.

Kondisi kurang darah ini disebabkan oleh kurangnya kadar hemoglobin sebagai produsen sel darah merah dalam tubuh.

Meskipun begitu tablet kenyataannya malah dapat membuat efek samping jika Anda mengonsumsinya tidak sesuai anjuran dan melebihi batas atau juga kondisi tubuh Anda yang tidak cocok dengan suplemen.

Untuk mengatasinya, Anda sebenarnya bisa mengonsumsi beberapa bahan alami yang mampu mengatasi kekurangan darah merah pada diri Anda. Berikut bahannya!

Makanan zat besi tinggi

Seperti sudah disebutkan bahwa zat besi merupakan salah satu unsur yang dapat mencegah dan mengatasi kekurangan darah sehingga Anda perlu mengonsumsi makanan-makanan yang tinggi kandungan zat besinya.

Makanan-makanan yang disarankan untuk dikonsumsi karena kandungan zat besinya adalah daging merah, jeroan, kangkung, bayam, kacang-kacangan, dan kuning telur.

Makanan asam folat tinggi 

Selain zat besi, Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang tinggi asam folatnya dalam melawan anemia.

Makanan-makanan yang disarankan untuk dikonsumsi karena kandungan asam folat atau B9 ini adalah roti kaya B9, sereal kaya B9, sayuran hijau, kacang polong, dan kacang-kacangan.

Makanan kaya vitamin B12

Vitamin B12 adalah salah satu vitamin yang dapat menjaga Anda dari anemia, dengan cara meningkatkan sumsum tulang yang berfungsi memproduksi sel darah merah.

Beberapa makanan yang disarankan untuk dapat memberikan vitamin B12 pada tubuh Anda adalah daging merah, ikan, produk-produk susu, dan telur.

Makanan kaya vitamin B6

Ini adalah vitamin yang juga membentuk sel darah merah dalam tubuh. Kebutuhan harian setiap orang pada vitamin ini beragam. Pada wanita dewasa 1,5 mg, pria 1,7 mg.

Makanan-makanan yang mengandung vitamin ini adalah gandum, sereal, daging merah, daging ayam, dan nasi.

Makanan yang mengandung tembaga

Selain makanan kaya akan zat besi, asam folat, vitamin B12, dan vitamin B6 yang sering terkandung dalam tablet tambah darah, Anda juga bisa mencegah dan mengatasi anemia dengan konsumsi makanan-makanan yang mengandung tembaga.

Tembaga dalam prosesnya membantu sel darah merah menyerap zat besi. Adapun makanan yang mengandung tembaga adalah unggas, kerang, hati sapi, kacang polong, dan ceri.

Makanan kaya vitamin A

Vitamin A menghasilkan tembaga yang membantu sel darah merah menyerap zat besi saat berada dalam tubuh.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin A adalah sayuran hijau, ubi jalar, labu, wortel, paprika merah, dan buah-buahan seperti semangka dan jeruk.

Makanan kaya vitamin C

Vitamin C berfungsi menghasilkan kekebalan tubuh secara alami serta membantu tubuh menyerap zat besi.

Makanan-makanan yang mengandung vitamin C adalah jambu biji, jeruk, paprika, stroberi, tomat, dan lentil.

Makanan kaya vitamin E

Vitamin E merupakan vitamin yang sering digunakan untuk mengatasi radikal bebas. Selain itu, vitamin ini dibutuhkan untuk mencegah Anda terkena anemia hemolitik atau jenis anemia yang terjadi ketika sel darah menjadi rapuh serta cepat mati.

Adapun makanan-makanan yang disarankan karena kandungan vitamin E-nya adalah almon, minyak hazelnut, minyak biji gandum, kuaci, minyak biji bunga matahari, alpukat, kiwi, dan mangga.

Itulah beberapa makanan alami pencegah dan untuk mengatasi anemia yang bisa Anda konsumsi tanpa tablet tambah darah yang bisa jadi tidak cocok bagi Anda.Makanan Alami Tambah Darah Tanpa Tablet

Leave a Reply