Jenis Makanan untuk Perkembangan Janin Trimester 3

Jenis Makanan untuk Perkembangan Janin Trimester 3

Jenis Makanan untuk Perkembangan Janin Trimester 3

Perkembangan janin trimester 3 adalah masa-masa nan tak boleh dipandang remeh. Pasalnya, selama periode sebelum melahirkan tersebut, perkembangan yang dialami buah hati anda sangat signifikan. Adapun bagian yang berkembang tersebut tidak hanya menyasar pada berat dan ukurannya saja, melainkan juga organ tubuhnya mulai dari otak, tulang, kuku, dan lain sebagainya. 

Lantaran perkembangan janin trimester 3 ini sangat perlu diperhatikan, maka ibu hamil yang memasuki masa tersebut harus pula didukung dengan asupan nan kaya nutrisi. Sebab, selain untuk kesehatan ibu hamil, asupan yang masuk ke dalam tubuh juga berpengaruh pada perkembangan janin. 

Dalam memaksimalkan perkembangan janin trimester 3, para ibu hamil yang masuk periode ini disarankan untuk memperhatikan asupan vitamin A. Hal itu lantaran vitamin A bagus untuk perkembangan mata janin. Sebagai informasi, trimester tiga pekan ke-28, janin sudah mulai belajar membuka kelopak matanya, meski pembukaannya belum sempurna. 

Adapun vitamin A sendiri bisa diperoleh ibu hamil dari sayur, seperti bayam atau brokoli. Di sisi lain, vitamin A juga dapat diperoleh dari buah mangga. Selain bermanfaat untuk perkembangan janin trimester 3, vitamin A juga baik untuk ibu hamil karena kandungan antioksidannya bisa membuat kekebalan tubuh ibu hamil meningkat.

Asupan yang perlu diperhatikan berikutnya adalah vitamin C. Korelasi vitamin C dengan perkembangan janin adalah bahwa vitamin tersebut bisa menambah daya tahan tubuh si buah hati. Selain itu, dengan menjaga asupan vitamin C, kondisi kesehatan ibu hamil juga dapat terjaga. 

Adapun vitamin C ini bisa didapatkan sangat mudah pada buah jeruk. Atau untuk memperoleh vitamin C, ibu hamil juga bisa mengonsumsi tomat, kol, dan lain-lain. Sebagai informasi tambahan, berbagai sumber mengatakan kalau ibu hamil memasuki trimester 3, maka dia disarankan untuk meningkatkan asupan vitamin C sebanyak 25 persen.

Perkembangan janin trimester 3 juga menyasar pada tulang. Oleh karena itu, ibu hamil yang memasuki periode ini disarankan untuk menjaga asupan vitamin D. Vitamin D diketahui bisa dimanfaatkan ibu hamil untuk menjaga kadar kalsium dan fosfat di dalam tubuhnya.

Adapun jenis makanan dan minuman yang mengandung vitamin D adalah susu dan telur. Akan tetapi, jika anda punya rezeki lebih, vitamin D bisa pula diperoleh dari ikan salmon dan sereal gandum.

Untuk mendukung perkembangan janin trimester 3, para ibu hamil juga perlu menjaga asupan kalsium. Hal ini karena pada trimester 3 pertumbuhan tulang yang dialami janin sangat cepat. Merujuk beberapa sumber, pada trimester 3 ini ibu hamil disarankan mengonsumsi kalsium sebanyak 1.200 mg per hari. Adapun kalsium bisa diperoleh dari sayuran hijau, kacang kedelai, susu, dan lain sebagainya.

Sementara asupan terakhir yang bisa mendukung perkembangan janin adalah zat besi. Para ibu hamil yang mendekati masa melahirkan pada dasarnya disarankan untuk menjaga asupan zat besi. Di sisi lain, apabila saat hamil kekurangan zat besi, ini juga berpengaruh pada janin karena si buah hati bisa saja tidak maksimal perkembangannya, yang mana bisa ditandai dengan berat badan tidak normal atau lahir prematur.

Berbagai sumber menyampaikan, per hari ibu hamil nan masuk trimester 3 disarankan mengonsumsi zat besi sebanyak 39 mg. Adapun zat besi bisa diperoleh dari sayuran hijau, kacang-kacangan, daging merah, dan telur.

Demikianlah jenis makanan yang perlu diperhatikan sebagai asupan untuk mendukung perkembangan janin trimester 3. Besar harapan anda dan buah hati anda selalu dalam keadaan sehat sampai proses melahirkan. Di sisi lain, jika anda belum puas dengan penjelasan artikel ini, alangkah lebih baik konsultasi langsung dengan dokter kandungan.

Leave a Reply