10 Penyebab Mandul pada Pria yang Wajib Diketahui Secepatnya

10 Penyebab Mandul pada Pria yang Wajib Diketahui Secepatnya

10 Penyebab Mandul pada Pria yang Wajib Diketahui Secepatnya

Kemandulan sebenarnya tidak hanya dialami oleh wanita, tapi juga pria. Terkait hal ini, maka perlu juga untuk mengetahui apa penyebab mandul pada pria dan perlu dideteksi lebih cepat untuk segera diatasi.

Masalah disfungsi seksual ini bisa terjadi sementara atau bisa pula dalam jangka waktu panjang. Namun, apakah mandul sama dengan tidak subur?

Perbedaan Mandul dan Tidak Subur

Ternyata mandul dan tidak subur adalah 2 hal yang berbeda, namun kerap diartikan sama. 

Mandul merupakan kondisi yang membuat seseorang tidak dapat memiliki keturunan. Biasanya kemandulan pada pria terjadi saat kualitas sperma yang dihasilkan buruk atau tidak bisa menghasilkan sperma untuk membuahi sel ovum.

Kondisi mandul ini tidak bisa diatasi dengan cara apapun seperti masalah kesuburan. Memiliki anak bagi pasangan yang mengalami masalah infertilitas masih mungkin terjadi, meskipun sulit.

Mengenal Berbagai Penyebab Mandul pada Pria

Penyebab utama kemandulan pada pria sebenarnya karena gangguan hipotalamus atau hipofisis, gangguan gonad, gangguan transportasi sperma, dan penyebab lainnya.

Berikut beberapa penyebab terjadinya kemandulan lainnya pada pria, seperti:

1. Varikokel

Varikokel merupakan kondisi pembengkakan pada pembuluh darah vena. Hal ini menyebabkan produksi sperma jadi tidak maksimal. 

Kondisi ini mirip seperti varises, tapi hanya terjadi di buah zakar atau skrotum. Sehingga akan menyebabkan kualitas sperma terganggu.

2. Masalah ejakulasi

Ketika ejakulasi, penis pria akan mengeluarkan semen dan sperma melalui kepala penis. Pada masalah ejakulasi retrograde, yang terjadi adalah sebaliknya. Semen yang harusnya keluar justru masuk ke kandung kemih.

Hal ini disebabkan oleh diabetes, mengkonsumsi obat tertentu, cedera tulang punggung belakang, prostat, pasca operasi kandung kemih, atau uretra.

3. Infeksi

Beberapa infeksi yang terjadi pada organ reproduksi pria bisa mengganggu produksi sperma. Biasanya infeksi yang terjadi karena infeksi menular seksual seperti gonore dan HIV.

Bahkan beberapa infeksi dapat memicu terjadinya kerusakan testis secara permanen, sehingga perlu dilakukan pengobatan segera.

4. Tumor

Tumor atau kanker juga bisa mengganggu organ reproduksi pria secara langsung. Selain itu, pengobatan yang dijalani seperti radiasi, operasi, hingga kemoterapi bahkan bisa mengganggu kesuburan pria.

5. Posisi testis tidak normal

Ada juga pria yang memiliki posisi testis tidak pada tempat seharusnya, seperti menggantung dari abdomen. kondisi ini bisa terjadi sejak di masa pertumbuhan.

6. Masalah antibodi

Penyebab mandul pada pria selanjutnya juga terlihat pada antibodi yang tidak normal. Antibodi dalam sistem kekebalan tubuh menganggap sperma sebagai benda asing, sehingga perlu dibasmi karena dianggap mengancam. 

Dengan begitu, sperma jadi tidak bisa bertahan lama karena kondisi ini. 

7. Cacat kromosom

Ada beberapa penyakit keturunan yang membuat seseorang lahir dengan 2 kromosom X dan 1 kromosom Y. Hal ini akan menyebabkan organ reproduksi jadi tidak normal.

8. Saluran tersumbat

Saat saluran pembawa sperma tersumbat, maka akan membuat sperma tertahan dan tidak bisa membuahi sel telur. 

Hal ini bisa dipicu oleh berbagai hal, seperti infeksi, cystic fibrosis, trauma, hingga kondisi medis genetik.

9. Masalah saat bercinta

Masalah saat bercinta ternyata juga jadi penyebab mandul pada pria. Misalnya, saat seorang pria mengalami disfungsi ereksi, rasa nyeri saat bercinta, ejakulasi dini, hingga masalah psikologis yang mengganggu kegiatan seksual.

10. Hormon tidak seimbang

Penyebab mandul pada pria juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Ini akan berpengaruh pada sistem hormonal lainnya. 

Itulah beberapa penyebab mandul pada pria yang perlu diketahui. Berkonsultasilah dengan dokter sehingga tahu langkah pengobatan apa yang akan diambil.

Leave a Reply