Penjelasan Umum Kunyit Asam Sidomuncul

Penjelasan Umum Kunyit Asam Sidomuncul

Kunyit asam merupakan obat tradisional yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya perempuan yang sudah mengalami haid. Hal itu karena kunyit asam memiliki manfaat untuk mengatasi rasa sakit atau nyeri saat datang bulan. Lantaran manfaat tersebut, kunyit asam diadopsi berbagai perusahaan obat dengan manfaat serupa, bahkan lebih seperti kunyit asam sidomuncul

Untuk kunyit asam sidomuncul sendiri, produk tersebut selain meredakan rasa nyeri kala haid, juga memiliki manfaat lain. Adapun manfaat lain yang dimaksud adalah bisa merawat kulit dengan membuatnya terasa lebih halus, membantu diet sehingga berat badan tetap ideal, dan dipercaya mampu meminimalisir bau badan. Dengan ragam manfaat itu, tentu menjadi wajar apabila produk tersebut menjadi pilihan banyak orang. 

Lantas apa saja sih kandungan yang ada di dalam kunyit asam sidomuncul? Setelah ditelusuri, berbagai sumber menyebut bahwa produk tersebut mengandung ekstrak kunyit, ekstrak asam jawa, dan ekstrak asam sitrat. Sebagai informasi, zat kurkuminoid yang terdapat di dalam kunyit ini memiliki sifat pereda rasa nyeri atau dapat dikatakan berguna untuk melapisi dinding mukosa lambung yang terluka. Di samping itu, zat kurkuminoid diyakini pula bisa meredakan tingkat asam pada lambung. 

Adapun cara kerja zat tersebut adalah dengan mengurangi produksi prostaglandin. Sudah diketahui bersama, prostaglandin adalah suatu hormon yang menimbulkan rasa nyeri. Oleh sebab itulah zat kurkuminoid bisa meredakan rasa nyeri, termasuk saat datang bulan. 

Sementara untuk asam jawa sendiri, selain sudah lama digunakan dalam obat tradisional seperti jamu, ternyata secara medis juga terbukti bermanfaat untuk melawan rasa nyeri, kram, dan mual. Tiga kondisi tersebut pada umumnya kerap dialami oleh perempuan yang sedang haid. Dengan manfaat yang ada di dalam komposisinya, maka tak heran apabila kunyit asam sidomuncul dapat mengurangi rasa nyeri bagi perempuan yang sedang haid. 

Akan tetapi, meskipun penggunaan kunyit asam sidomuncul ini tanpa resep, bagi anda yang ingin menggunakannya tetap perlu memperhatikan aturan pakai. Adapun cara pemakaiannya sangat sederhana. Anda tinggal menuangkan satu sachet produk tersebut ke dalam air matang sekitar 150 ml. Lalu, setelah diaduk segera meminumnya. 

Di sisi lain, masih dalam rangka aturan pakainya, kunyit asam sidomuncul ini ternyata juga tidak bisa digunakan oleh semua kalangan. Sebab, berbagai sumber menjabarkan kalau produk tersebut tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak-anak. Lebih lanjut, jika anda mempunyai alergi terhadap bahan yang ada di dalam kandungan kunyit asam sidomuncul, maka anda tak disarankan mengonsumsinya. Hal ini karena salah satu efek samping produk tersebut adalah menimbulkan reaksi alergi. 

Tidak hanya itu, kunyit asam sidomuncul juga bisa memberikan efek samping lainnya. Sumber yang sama menyebut ada kemungkinan efek samping yang muncul adalah sakit kepala, gangguan di saluran pencernaan, dan munculnya kemerahan pada kulit. Oleh karena itu, memastikan apakah anda punya alergi atau tidak terhadap kandungan produk tersebut sangat dianjurkan sebelum mengonsumsinya. Selain itu, karena ada kemungkinan menimbulkan reaksi alergi, maka aturan pakainya juga tidak boleh diabaikan. 

Demikianlah penjelasan umum mengenai kunyit asam sidomuncul. Dari pemaparan singkat di atas, kita tahu bahwasannya produk tersebut memiliki ragam manfaat. Namun demikian, tetap pula harus memperhatikan aturan pakai dan efek samping yang bisa muncul. Selain itu, tak kalah penting adalah agar juga memperhatikan cara penyimpanannya. Sebab, produk yang satu ini harus disimpan di tempat kering, sejuk, dan tak boleh terpapar sinar matahari.

Leave a Reply