Pantopump 40 mg Obat Apa? Untuk Tukak Lambung

Pantopump 40 mg Obat Apa? Untuk Tukak Lambung

pantopump 40 mg obat apa

Anda mungkin bertanya-tanya seputar Pantopump 40 mg obat apa. Jawabannya adalah obat ini digunakan salah satunya untuk mengatasi tukak lambung yang disebabkan oleh kadar asam lambung yang tinggi. Dikenal pula dengan istilah “gastric ulcer”, tukak lambung adalah suatu kondisi adanya luka menyakitkan di lapisan lambung.

Tukak lambung terjadi ketika lapisan lendir tebal yang melindungi lambung dari cairan pencernaan semakin berkurang. Hal ini akan menyebabkan asam pencernaan mengikis jaringan yang melapisi lambung, menyebabkan luka atau ulkus. Tukak lambung dapat dengan mudah diobati, namun dapat berubah menjadi parah apabila tidak mendapatkan perawatan yang tepat. 

Apa penyebab tukak lambung?

Setelah mengetahui Pantopump 40 mg obat apa, mungkin kini Anda penasaran apa yang menjadi penyebab tukak lambung. Tukak lambung biasanya disebabkan oleh sebuah infeksi bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) dan penggunaan obat anti-peradangan non-steroid (NSAID) seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen jangka panjang. 

Meskipun jarang dijumpai, sebuah kondisi yang dikenal dengan sebutan sindrom Zollinger-Ellison juga dapat menyebabkan tukak lambung dan usus dengan cara meningkatkan produksi tubuh akan asam. Sindrom ini dicurigai menyebabkan kurang dari 1 persen dari semua kasus tukak lambung yang ada saat ini. 

Ada beberapa gejala yang dapat dihubungkan dengan tukak lambung. Tingkat keparahan gejala akan bergantung pada tingkat keparahan ulkus. Gejala yang paling sering dijumpai adalah adanya sensasi seperti terbakar atau rasa nyeri di bagian tengah perut antara dada dan pusar. Biasanya, gejala yang dirasakan akan terasa lebih intens ketika lambung kosong, dan dapat terjadi selama beberapa menit hingga jam. 

Tanda dan gejala lain dari tukak lambung di antaranya adalah rasa nyeri pada lambung, turunnya berat badan, enggan makan karena rasa nyeri yang diderita, mual atau muntah, kembung, mudah kenyang, refluks asam atau sendawa, sensasi terbakar di dada, rasa nyeri yang akan mereda ketika Anda makan dan minum serta mengonsumsi antacid, anemia yang ditandai dengan gejala seperti kulit pucat dan sesak napas, kotoran yang berwarna gelap, dan muntah darah.

Hubungi dokter segera apabila Anda memiliki gejala tukak lambung yang disebutkan sebelumnya. Meskipun rasa tidak nyaman yang diderita dapat bersifat ringan, ulkus dapat berubah menjadi lebih parah apabila tidak diobati. Ulkus yang berdarah dapat mengancam nyawa. 

Diagnosis dan perawatan akan bergantung pada gejala dan tingkat keparahan ulkus yang Anda derita. Untuk melakukan diagnosis tukak lambung, dokter akan meninjau riwayat medis serta melihat gejala dan obat resep ataupun obat over-the-counter (OTC) yang sedang Anda konsumsi.

Guna memastikan bahwa tukak lambung tidak disebabkan karena infeksi H. pylori, tes pernapasan, tes kotoran, dan tes darah dapat dibutuhkan. Pada tes pernapasan, Anda akan diminta untuk meminum cairan bening dan menghembuskan napas ke dalam kantong, yang kemudian akan ditutup. Jika H. pylori ditemukan, sampel napas akan mengandung level karbondioksida yang lebih tinggi dari angka normal.  

Tes dan prosedur lain yang digunakan untuk diagnosis tukak lambung adalah “baium swallow”, di mana Anda akan diminta untuk meminum cairan putih kental (barium) yang akan melapisis saluran gastrointestinal atas dan membantu dokter melihat lambung dan usus kecil lewat sinar-X. 

Ada pula metode diagnosis yang disebut endoscopy (EGD), di mana tabung tipis dengan cahaya di ujungnya akan dimasukkan lewat mulut ke menuju lambung dan bagian pertama usus kecil. Tes ini dilakukan untuk mencari ulkus, pendarahan, dan jaringan apapun yang tampak tidak normal. Kini Anda sudah tahu Pantopump 40 mg obat apa dan apa tukak lambung itu serta cara diagnosisnya.

Leave a Reply