Mengenal Tanda-tanda Perlu Melakukan Tes Swab PCR

Mengenal Tanda-tanda Perlu Melakukan Tes Swab PCR

Di masa pandemi seperti sekarang ini, Anda perlu mengenali tanda-tanda kemungkinan adanya gejala virus corona. Ketika merasakan adanya tanda-tanda gejala, maka sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan, salah satunya dengan tes swab PCR.

Tes PCR adalah teknik pemeriksaan molekuler yang dilakukan di laboratorium. Tes ini dilakukan dengan mendeteksi materi genetik virus, bukan dengan mendeteksi keberadaan antigen atau antibodi seperti jenis tes lainnya.

Kapan perlu menjalani tes swab PCR?

Penting bagi Anda untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan tes PCR. Jenis tes ini sebaiknya dilakukan ketika Anda berada pada beberapa situasi berikut:

  • Mendapatkan hasil positif dari tes antigen

Terkadang, sebagai langkah awal, banyak orang menggunakan rapid test antigen untuk mendeteksi keberadaan virus corona. Akan tetapi, akurasi dari tes ini lebih rendah dari tes PCR. 

Hasil rapid test antigen bisa saja menunjukkan hasil positif yang palsu. Ini bisa terjadi karena antigen yang terdeteksi bisa saja bukan berasal dari virus corona, melainkan virus lain.

Oleh sebab itu, setelah mendapatkan hasil rapid test yang positif, Anda dianjurkan untuk melakukan tes swab PCR untuk mengetahui hasil yang lebih maksimal. 

  • Belum lama melakukan kontak dengan pasien positif

Apabila keluarga atau teman dekat di sekitar dinyatakan positif Covid-19, Anda disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan. Ini tetap perlu dilakukan meski Anda tidak merasakan gejala sekalipun.

Ini bisa menjadi upaya antisipasi. Jadi, Anda bisa mengetahui dengan lebih cepat apabila Anda juga terdampak virus dan melakukan upaya perawatan serta isolasi mandiri sedini mungkin. 

Semakin cepat Anda mengetahui apabila Anda positif, maka semakin cepat juga Anda bisa membatasi interaksi dengan orang lain guna menghindari penularan. 

  • Merasakan gejala Covid-19

Anda juga bisa melakukan tes swab PCR ketika merasakan adanya gejala Covid-19. Gejala yang dirasakan pada setiap orang bisa saja berbeda-beda.

Tapi, secara umum, gejala yang mungkin ditimbulkan meliputi batuk terus-menerus, demam tinggi, nyeri otot, kehilangan kemampuan indra penciuman dan perasa, mual dan muntah, serta kelelahan.

Jika merasakan gejala-gejala di atas, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan dan melakukan isolasi mandiri.

  • Mendeteksi virus setelah pemulihan

Apabila sebelumnya Anda dinyatakan positif dan sudah melakukan perawatan serta isolasi mendiri di rumah, Anda bisa juga menjalani tes swab PCR sebagai upaya mengetahui apakah virus corona masih ada di dalam tubuh Anda. 

Biasanya, virus akan menghilang setelah perawatan dan isolasi selama dua minggu. Jadi, jika sudah melewati dua minggu, cobalah untuk menjalani tes PCR sekali lagi guna mengetahui apakah Anda sudah benar-benar pulih dari virus atau tidak. 

Dimana bisa menjalani tes swab PCR?

Anda bisa melakukan tes PCR di fasilitas kesehatan terdekat di lokasi tempat tinggal Anda. Karena memerlukan pengujian sampel di laboratorium, tes ini biasanya tidak tersedia pada klinik atau puskesmas biasa.

Anda hanya bisa melakukan tes ini di rumah sakit atau di laboratorium klinik khusus. Durasi yang diperlukan untuk bisa mendapatkan hasilnya berbeda-beda, tergantung pada kapasitas rumah sakit atau laboratorium tersebut.

Perlu diketahui bahwa waktu paling cepat untuk mendapatkan hasil tes swab PCR ini adalah satu hari, dan paling lama adalah satu minggu. Semakin cepat durasi hasil yang Anda pilih, maka semakin tinggi juga biaya yang perlu dibayarkan. 

Leave a Reply