Manfaat Betadine Salep 10 gram untuk Mengobati Gangguan Berikut!

Manfaat Betadine Salep 10 gram untuk Mengobati Gangguan Berikut!

betadine salep

Betadine salep 10 gram adalah produk yang ampuh untuk mengobati lebam pada kulit karena terjatuh atau cedera lain. Obat ini mengandung iodin-povidon 10% w/w yang mampu menyembuhkan luka pada kulit.

Produk ini merupakan salah satu obat bebas yang bisa kamu dapatkan di toko obat online ataupun apotek. Umumnya obat ini tidak memerlukan resep dokter karena bisa langsung diaplikasikan pada luka. Kamu bisa menyiapkan obat ini sebagai pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) kecil seperti karena jatuh atau saat luka terbakar.

Selain Betadine salep, apalagi ya manfaat yang bisa didapatkan dari produk betadine berikut? Mari cek penjelasannya di bawah ini!

Manfaat produk salep dari betadine

Salep ini mempunyai khasiat untuk mengobati dan meredakan beberapa luka pada kulit, di antaranya adalah sebagai berikut.

Lebam dan luka

Luka akibat terjatuh yang juga menimbulkan lebam atau memar bisa diobati dengan salep ini. Kamu bisa mengoleskan pada bagian yang terluka setelah dicuci bersih.

Luka akibat terbakar

Apakah kulit kamu pernah terbakar karena suatu hal seperti terkena api rokok, korek, atau lilin? Nah, luka karena terbakar bisa menjadi sangat sakit sekali dan terasa panas di bagian kulit. Apabila tidak ditangani dengan baik, luka ini bisa membekas dan lama sembuhnya. Apabila hal ini terjadi pastikan kamu mengalirkan air bersih lalu keringkan dan oleskan salep ini.

Herpes

Apabila kamu mengidap herpes simpleks dan herpes genitalis, maka rasanya akan sangat mengganggu sekali bukan? Nah, kamu bisa rutin mengaplikasikan salep ini pada bagian yang terkena herpes. Salep ini bisa mengobati kulitmu dari serangan herpes tersebut.

Melepuh

Selalu sediakan salep betadine ini, karena apabila kulit kamu melepuh terkena air panas, kamu bisa mengoleskan salep ini pada bagian yang melepuh.

Terapi untuk infeksi kulit karena bakteri dan jamur

Salep ini juga bisa digunakan untuk terapi kulit yang terkena bakteri atau jamur. Cukup oleskan pada bagian kulit yang sudah dibersihkan secara rutin. Maka salep ini akan bekerja untuk mengobati infeksi tersebut.

Perhatian khusus dalam penggunaan betadine salep

Meski obat ini ampuh untuk mengobati kulit dari luka, lebam, luka bakar dan lain-lain, kamu perlu memastikan bahwa obat ini aman kamu gunakan. Setiap obat akan memberikan reaksi berbeda pada tubuh yang berbeda. 

Apabila setelah digunakan obat ini memberikan efek seperti kemerahan, iritasi dan bengkak harap segera konsultasikan ke dokter.

Cara mengaplikasikan salep

Untuk beberapa luka dan lebam ada baiknya kamu membungkus kulit menggunakan kain kasa steril. Hal ini untuk melindungi bagian yang luka. Dosis yang digunakan pun biasa kamu sesuaikan dengan jumlah atau lebar luka pada kulit.

Apabila luka berada pada bagian yang sulit digapai misalnya punggung dan tengkuk, harap meminta bantuan rekan atau anggota keluarga untuk mengoleskan salep tersebut. Pastikan tangan kerabatmu sudah bersih dengan mencuci menggunakan sabun. Apabila ingin proteksi ekstra, setelah mencuci tangan dengan sabun, saudaramu bisa mengenakan sarung tangan latex yang biasa dipakai untuk operasi.

Luka seperti lebam, luka bakar atau melepuh tidak bisa kamu anggap remeh. Luka-luka tersebut perlu penanganan yang cepat agar tidak menyebabkan hal lain yang lebih parah. 

Sudah paham mengenai manfaat dari betadine salep tersebut? Nah kini kamu bisa menyiapkan obat tersebut di kotak P3K di rumah sebagai obat pertolongan pertama, apabila sewaktu-waktu diperlukan segera.

Leave a Reply