Lezat dan Sehat, Buat Resep Singkong Thailand

Lezat dan Sehat, Buat Resep Singkong Thailand

Apakah Anda penggemar berbagai resep singkong Thailand? Singkong merupakan sebuah sayur yang menjadi bahan makanan pokok banyak negara di dunia. Singkong menjadi sumber nutrisi yang baik, namun Anda harus menghindari makan singkong mentah-mentah. Ini dikarenakan singkong mentah mengandung sianida, yang mana sangat beracun apabila dicerna oleh tubuh manusia. Oleh karena itu, saat Anda membuat dan mempersiapkan resep singkong Thailand, lakukan dengan baik dan benar. 

Resep singkong Thailand bisa kamu coba sendiri di rumah

Selain dijadikan aneka hidangan berkat banyaknya resep singkong Thailand di internet saat ini, penggunaan singkong lainnya adalah dengan mengubahnya menjadi tepung tapioka. Orang-orang biasanya menggunakan tapioka untuk membuat pudding tapioca sekaligus digunakan sebagai pengental pada pie. Tapioca sepenuhnya terdiri dari karbohidrat pati. Sehingga, orang-orang yang sedang menjalani diet karbohidrat terkontrol atau mereka yang khawatir terhadap efek dari pati terhadap level gula darah akan melihat tapioca sebagai sumber makanan yang tidak sehat. Namun, bagi mereka yang tidak perlu memantau asupan karbohidrat dengan seksama, tapioca memiliki beberapa manfaat kesehatan tersendiri. 

  • Bebas allergen

Selain resep singkong Thailand yang lezat, makanan yang terbuat dari singkong atau tapioka juga tidak akan menyebabkan reaksi alergi. Ini karena singkong bebas gluten, dan produk olahan seperti tapioca bebas kandungan kacang dan gandum. Hal ini membuat resep singkong Thailand dan tapioca tidak akan menyebabkan reaksi alergi pada orang-orang yang menderita penyakit celiac, memiliki sensitivitas terhadap gluten, atau memiliki alergi terhadap kacang. Para produsen banyak produk bebas gluten akan menggunakan tepung tapioka yang berasal dari singkong dalam proses produksi produk mereka. Untuk itulah tapioca menjadi pilihan yang baik untuk memanggang roti bebas alergen di rumah. 

  • Mudah dicerna

Bagi Anda yang gemar mencoba resep singkong Thailand, Anda pasti tahu bahwa singkong merupakan bahan makanan yang mudah dicerna. Selain itu, tapioca memiliki reputasi yang baik untuk lambung. Banyak orang menemukan bahwa tapioca lebih mudah dicerna dibandingkan dengan tepung lainnya yang terbuat dari gandum atau kacang. Dokter dapat merekomendasikan singkong dan tapioka sebagai sumber kalori untuk orang-orang yang menderita kondisi seperti sindrom radang usus (IBS) dan diverticulitis yang dapat menyebabkan kambuhnya gejala pencernaan.

  • Mendukung pertambahan berat badan

Orang-orang yang perlu menambah berat badan dengan cepat bisa mendapatkan manfaat dari diet singkong atau tapioka. Mengonsumsi resep singkong Thailand setiap harinya dapat meningkatkan kemungkinan seseorang bertambah berat badan tanpa meningkatkan risiko efek negatif dari terlalu banyak mengonsumsi lemak dan kolesterol. Anda juga bisa menambahkan tapioca ke dalam jenis makanan lain untuk meningkatkan kandungan kalori dan karbohidrat di dalamnya. 

  • Sumber kalsium

Kalsium sangat penting untuk tulang dan gigi yang kuat. Kalsium juga mendukung berbagai macam fungsi tubuh lainnya, seperti kontraksi dan pembesaran pembuluh darah dan otot, komunikasi antara saraf, dan pembekuan darah. Menurut Lembaga Osteoporosis Nasional, orang-orang kehilangan kalsium setiap harinya lewat kulit, keringat, urin, dan feses. Tubuh tidak dapat mengganti kalsium yang hilang tanpa suplementasi diet. Oleh karena itu, Anda harus mengonsumsi kalsium lewat makanan seperti singkong. 

Olahan resep singkong Thailand tidak hanya lezat, tetapi juga menyehatkan berkat banyaknya manfaat kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya di atas. Namun, penting untuk diingat bahwa singkong memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi, sehingga singkong bukanlah sebuah makanan yang sehat. Namun, resep singkong Thailand dapat menjadi cara mudah bagi mereka yang ingin menambah berat badan.

Leave a Reply