Kimia Farma Buah Batu Layani Berbagai Macam Vaksinasi

Kimia Farma Buah Batu Layani Berbagai Macam Vaksinasi

PT Kimia Farma (Persero) Tbk, sebagai salah satu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia, telah menjadi salah satu distributor vaksin untuk masyarakat. Melalui entitas bisnisnya PT Kimia Farma Diagnostika menghadirkan layanan fasilitas kesehatan Laboratorium Klinik Kimia Farma Buah Batu. Dengan adanya fasilitas kesehatan ini, Kimia Farma melakukan tugasnya untuk memberikan berbagai macam jenis vaksin untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Saat ini, dengan adanya pandemi COVID-19, istilah vaksinasi terus menjadi populer. Ya, vaksin telah lama menjadi cara dalam menangani pandemi yang mematikan. Sejak pertama kali dipopulerkan oleh Edward Jenner pada 1796, saat ini sudah ada 30 jenis vaksin yang diciptakan di dunia. 

Beberapa bukti keberhasilan vaksin adalah dengan musnahnya penyakit Variola (small pox) pada 1979 dan saat ini dunia sedang dalam upaya memusnahkan campak dan polio. Indonesia sendiri sudah bebas dari polio karena program imunisasi.

Laboratorium Klinik Kimia Farma Buah Batu pun juga menyediakan berbagai fasilitas vaksinasi untuk berbagai kalangan. Setidaknya, saat ini terdapat 16 vaksin yang bisa dilakukan oleh Kimia Farma selaku perusahaan farmasi di Indonesia. Apa saja vaksin yang dapat disediakan oleh Laboratorium Kimia Farma Buah Batu? Berikut beberapa vaksin yang bisa didapat di seluruh Kimia Farma Bandung, terutama Kimia Farma Buah Batu.

  1. Vaksin Meningitis

Meningitis merupakan endemi atau penyakit yang paling banyak menjangkiti masyarakat di wilayah Afrika. Namun, saat ini meningitis telah menyebar ke seluruh dunia. Ada beberapa orang perlu melakukan vaksinasi untuk mencegah meningitis, yaitu orang yang melakukan perjalanan ke luar negeri terutama ke wilayah endemik, orang yang melakukan perjalanan ibadah haji dan umrah, orang yang menghadiri kegiatas bertaraf internasional, orang yang tinggal satu atap dengan penderita, serta kelompok lain seperti anak-anak, pekerja medis, penderita gangguan kekebalan tubuh, dan orang uang mengalami kerusakan limpa.

Di Kimia Farma, vaksin meningitis diberi harga Rp 325 ribu.

  1. Vaksin Influenza Trivalent (3 Straint)

Vaksin influenza merupakan vaksin yang melindungi diri dari penyakit flu. Meski flu telah menjadi penyakit sehari-hari, beberapa negara mengharuskan masyarakatnya untuk melakukan vaksin influenza.

Vaksin influenza sebagikan diberikan setiap satu tahun sekali karena walaupun merupakan penyakit ringat, nyatanya penyakit ini juga dapat menimbulkan masalah besar bagi sebagian orang. Virus ini menyebar melalui percikan air liur atau kontak dengan barang yang telah terkontaminasi virus.

Kimia Farma Buah Batu membanderol harga Rp 250 ribu untuk sekali vaksin influenza.

  1. Vaksinasi Pneumonia Dewasa

Pneumonia atau radang paru-paru merupakan penyakit yang terjadi ketika kantung-kantung udara pada salah satu atau kedua paru-paru meradang. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Vaksin pneumonia pun cukup efektif untuk melakukan pencegahan penyakit ini, terutama bagi orang dewasa.

Anda dapat melakukan vaksin pneumonia dengan merogoh kocek Rp 1,1 juta di Laboratorium Klinik Kimia Farma Buah Batu.

  1. Vaksin Pneumonia (Pneumococcal Conjugate Vaccine/PCV) Anak

Sesuai namanya, pemberian Pneumococcal Conjugate Vaccine atau PCV dapat melindungi Anak dari infeksi bakteri penyebab pneumokokus yang berbahaya. Vaksin ini disarankan diberikan kepada anak berusia 2 bulan.

Manfaat dari imunisasi PCV ini dapat menangkal penyakit pneumokokus yang rentan terjadi pada anak usia di bawah 5 tahun.

PCV untuk anak dibanderol dengan harga Rp 800 ribu di Laboratorium Klinik Kimia Farma Buah Batu.

  1. Hepatitis B Anak

Ikatan Dotker Anak Indonesia menyebutkan waktu terbaik untuk memberikan vaksin hepatitis B adalah dalam 12 jam setelah lahir. Karena itu, bayi baru lahir wajib mendapatkan vaksin hepatitis B. Imunisasi kemudian diikuti dengan pemberian vaksin hepatitis B monovalen pada usia 0, 1, dan 6 bulan.

Vaksin hepatitis B merupakan vaksin yang digunakan untuk mencegah infeksi hati akibat virus hepatitis B. Vaksin ini bekerja dengan cara merangsang kekebalan tubuh, agar menghasilkan antibodi yang dapat melawan virus.

Orang tua bisa melakukan vaksin hepatitis B di Laboratorium Klinik Kimia Farma Buah Batu dengan biaya sebesar Rp 260 ribu.

Leave a Reply