Ketahui Kandungan dan Khasiat dari Decolsin Kapsul

Ketahui Kandungan dan Khasiat dari Decolsin Kapsul

Decolsin kapsul adalah obat yang dapat digunakan untuk mengatasi gejala flu seperti bersin, sakit kepala, hidung tersumbat, hingga demam. Decolsin kapsul mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan untuk meredakan gejala flu yang Anda alami seperti paracetamol, pseudoephedrine HCl, chlorpheniramine maleate, dextromethorphan HBr, dan guaiphenesin. 

Kandungan Obat Decolsin Kapsul

Berikut fungsi dari setiap kandungan yang terdapat pada Decolsin kapsul.

1. Paracetamol

Paracetamol merupakan obat yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit sehingga dapat menjadi obat sakit dan nyeri. Tak hanya itu, paracetamol juga dapat digunakan untuk mengatasi demam yang membuat tubuh jadi memiliki suhu tinggi. Paracetamol kerap dikombinasikan dengan obat penghilang rasa sakit, serta sering menjadi bahan dalam berbagai obat untuk meredakan pilek dan flu.

2. Pseudoephedrine HCl

Pseudoephedrine HCl adalah obat yang bersifat dekongestan, yaitu dapat mengecilkan pembuluh darah yang terdapat pada saluran hidung. Hal ini karena pembuluh darah yang melebar dapat menyebabkan hidung Anda jadi tersumbat. Oleh karena itu, Pseudoephedrine HCl kerap digunakan sebagai obat untuk mengatasi hidung tersumbat dan sinus, serta dipakai untuk tujuan lain yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan.

Akan tetapi, obat ini sebaiknya tidak diberikan kepada anak yang berusia di bawah 4 tahun. Oleh karena itu, selalu tanyakan kepada dokter sebelum memberikan obat batuk atau pilek kepada anak. Hal ini karena kematian tetap dapat terjadi karena penyalahgunaan obat batuk dan pilek pada anak yang masih sangat kecil.

3. Chlorpheniramine Maleate

Chlorpheniramine maleate dipercaya berkhasiat untuk meredakan bersin-bersin, mata yang merah, gatal, dan berair, serta hidung atau tenggorokan menjadi gatal. Tak hanya itu, obat ini juga membantu meredakan pilek yang disebabkan karena alergi, demam, dan flu biasa. Chlorpheniramine maleate bermanfaat karena dapat membantu mengontrol gejala pilek atau alergi. Namun Anda tetap harus ingat bahwa obat ini tidak dapat mengobati penyebab yang menimbulkan gejala atau mempercepat pemulihan pilek. Chlorpheniramine maleate termasuk dalam kelas obat anti histamin yang bekerja dengan cara menghalangi aksi histamin, yaitu zat dalam tubuh yang menyebabkan alergi.

4. Dextromethorphan HBr

Dextromethorphan HBr adalah obat yang digunakan untuk mengatasi batuk tanpa dahak yang disebabkan karena beberapa hal seperti sinusitis dan flu biasa. Akan tetapi, Dextromethorphan HBr tidak boleh digunakan untuk membantu mengatasi batuk yang berkelanjutan seperti batuk akibat merokok atau masalah pernapasan jangka panjang seperti bronkitis kronis dan emfisema kecuali telah diberi saran oleh dokter Anda. Dextromethorphan HBr mengandung dekstrometorfan yang berfungsi sebagai penekan batuk. Akan tetapi, sebaiknya jangan gunakan Dextromethorphan HBr untuk mengobati gejala pilek pada anak-anak yang berusia di bawah 6 tahun kecuali telah disarankan oleh dokter.

5. Guaiphenesin

Guaiphenesin bermanfaat untuk mengobati kondisi seperti batuk dan hidung yang tersumbat karena terkena flu biasa, bronkitis, dan penyakit pernapasan lainnya. Guaiphenesin bekerja sebagai ekspektoran yang bekerja dengan cara mengencerkan dan melonggarkan lendir yang terdapat di saluran udara sehingga memudahkan saluran pernapasan.

Manfaat Decolsin Kapsul

Manfaat Decolsin kapsul yaitu untuk:

  • Membantu mengatasi batuk
  • Membantu meredakan demam
  • Membantu mengatasi hidung yang tersumbat
  • Meredakan hidung yang terasa gatal dan bersin-bersin

Meski memiliki manfaat yang baik dan diperlukan, obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh:

  • Orang yang memiliki alergi terhadap kandungan obat Decolsin kapsul
  • Pasien penderita tekanan darah tinggi yang berat
  • Penderita gangguan fungsi organ hati
  • Pasien yang menderita asma
  • Ibu hamil dan menyusui
  • Pasien yang sedang melakukan terapi menggunakan obat penghambat monoamin oksidase untuk mengatasi depresi
  • Anak-anak yang masih berusia di bawah 12 tahun, kecuali atas petunjuk dokter

Untuk Anda yang ingin mengonsumsi obat Decolsin kapsul, Anda bisa membelinya dengan harga Rp 3.000 saja untuk kemasan 1 strip yang berisi 4 kapsul di toko obat terdekat di kota Anda.

Leave a Reply