Kandungan Dari Betadine Obat Kumur Yang Baik Untuk Kesehatan Mulut Anda!

Kandungan Dari Betadine Obat Kumur Yang Baik Untuk Kesehatan Mulut Anda!

Kesehatan mulut dan gigi tidak kalah penting dengan kesehatan tubuh yang lainnya. Bakteri, virus, dan kuman bisa menyebabkan penyakit akibat Anda tidak menjaga kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi. Anda bisa menggunakan betadine obat kumur sebagai usaha dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Obat kumur ini perlu dilakukan sebagai bentuk perlindungan dari bakteri, virus, kuman atau pun sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut dan gigi. Bahkan penggunaan rutin obat kumur bisa melindungi Anda dari sakit tenggorokan dan juga peradangan dalam mulut. 

Hal tersebut dapat terjadi karena kandungan – kandungan dalam betadine obat kumur maupun obat kumur lainnya yang sangat baik untuk kesehatan mulut dan gigi. Berikut ini beberapa kandungan dalam obat kumur yang akan memberikan manfaat lainnya untuk kesehatan mulut dan gigi Anda.

  1. Minyak esensial

Minyak esensial merupakan jenis minyak yang diperoleh melalui proses penyulingan yang berasal dari ekstrak tumbuhan dengan mempertahankan bau dan rasa alami dari sumbernya. Thymol, Methyl Salicylate, Menthol dan Eucalyptol merupakan jenis minyak esensial yang terdapat dalam obat kumur antiseptik. Hal ini karena keempat kandungan tersebut dapat membantu mengurangi kuman dan melawan kuman yang jadi penyebab masalah mulut dan gigi.

  1. Fluorida dalam obat kumur

Selain dalam pasta gigi, flourida juga digunakan sebagai salah satu kandungan yang terdapat di dalam obat kumur karena dapat membantu mencegah kerusakan gigi. Tidak hanya itu, manfaat fluoride dalam obat kumur memiliki peran sebagai pelindung gigi sehingga dapat terhindar dari gigi berlubang.

  1. Chlorhexidine

Kandungan dari minyak esensial dan chlorhexidine sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi karena dapat membantu mengontrol plak gigi dan mencegah adanya kuman atau bakteri yang jadi penyebab dari penyakit pada gusi. Selain itu kandungan ini juga mampu untuk mengurangi bau mulut terutama bagi Anda yang perokok aktif.

  1. Triclosan

Salah satu kandungan yang dapat mengurangi atau mencegah kontaminasi bakteri yang digunakan dalam obat kumur adalah Triclosan. Kandungan ini akan lebih bermanfaat bila digabungkan dengan cetylpyridinium chloride sehingga efektif untuk membantu mengurangi plak pada gigi.

  1. Cetylpyridinium chloride

Obat kumur yang mengandung cetylpyridinium chloride dan chlorhexidine bisa mengurangi bakteri penyebab bau mulut, hal ini dijelaskan dalam laman Harvard Health Publishing. Tidak hanya itu, bahkan kandungan tersebut efektif dalam mengurangi plak pada gigi.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan Betadine obat kumur, ikutilah petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan. Betadine obat kumur sebaiknya tidak digunakan lebih dari 14 hari dan apabila digunakan berdasarkan anjuran dokter namun tidak kunjung membaik, segeralah periksa kembali diri Anda ke dokter. 

Penyimpanan dari Betadine obat kumur pun perlu Anda perhatikan. Betadine obat kumur ini sebaiknya Anda simpan pada suhu ruangan, jauhkan dari sinar matahari langsung dan tempat yang lembap. Suhu yang paling ideal dalam menyimpan Betadine obat kumur ini adalah di bawah 25 derajat celcius dan jangan dibekukan. Setiap obat kumur memiliki saran penyimpanan yang berbeda – beda.  Jadi, selain petunjuk penggunaannya, petunjuk dari penyimpanan obat kumur ini juga perlu Anda perhatikan.

Betadine obat kumur dan obat kumur merek lain memang memiliki banyak manfaat baik dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi. Meski begitu, penggunaan yang berlebihan dan tidak sesuai dengan anjuran dokter dapat memberikan efek samping yang tidak baik untuk kesehatan mulut dan gigi Anda. Salah satu efek samping yang membuat tidak nyaman adalah kondisi mulut yang menjadi lebih kering.

Leave a Reply