Harga Hand Sanitizer di Pasaran Beragam, Apa Penyebabnya?

Harga Hand Sanitizer di Pasaran Beragam, Apa Penyebabnya?

harga hand sanitizier

Saat ini, penggunaan hand sanitizer sudah menjadi suatu kewajiban. Semua orang membutuhkan produk hand sanitizer. Di pasaran, harga hand sanitizer pun sangat bervariasi. Tapi, apa yang sebenarnya membedakan harga-harga tersebut?

Pada dasarnya, sama seperti produk pada umumnya, harga dari suatu hand sanitizer ditentukan oleh produsen produk. Tentunya ada banyak hal yang dipertimbangkan dalam memberikan harga untuk produk ini, mulai dari proses produksi, pengemasan, permintaan pasar, dan lain sebagainya.

Alasan di balik variasi harga hand sanitizer

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, ada beberapa faktor yang membuat harga dari suatu produk hand sanitizer berbeda dengan produk hand sanitizer dari brand lainnya. Beberapa faktor tersebut meliputi:

  • Ukuran produk

Ukuran produk akan menentukan berapa banyak jumlah hand sanitizer yang akan Anda dapatkan. Misalnya, ada hand sanitizer travel size yang ukurannya lebih kecil, sekitar 15-20 ml. 

Karena ukurannya sangat kecil, tentunya harga hand sanitizer travel size juga jauh lebih murah. Hal ini wajar, mengingat jumlah hand sanitizer yang didapat juga lebih sedikit bila dibandingkan dengan hand sanitizer kemasan besar. 

  • Komposisi bahan

Setiap produk hand sanitizer diformulasikan dengan komposisi yang berbeda-beda. Anda bisa mengetahui apa saja kandungan bahannya dengan mempelajari informasi mengenai komposisi di kemasan produk. 

Beberapa hand sanitizer menggunakan bahan organik sebagai komposisi utamanya. Biasanya, penggunaan bahan organik seperti ini akan membuat hand sanitizer menjadi lebih mahal. 

  • Fitur kemasan

Tentunya, cara produk hand sanitizer dikemas juga akan memengaruhi penentuan harga hand sanitizer tersebut. Produk yang dikemas dalam bentuk spray biasanya memiliki harga lebih tinggi.

Karenna, spray pada kemasan dianggap lebih memudahkan penggunaan, membuat pemakaian hand sanitizer menjadi lebih praktis. Akan tetapi, cara pengemasan ini juga memerlukan modal produksi yang lebih besar dari sekedar kemasan hand sanitizer biasa.

  • Manfaat tambahan

Anda juga perlu memperhatikan manfaat tambahan dari suatu produk hand sanitizer. Ada beberapa hand sanitizer yang memberikan manfaat tambahan selain untuk membunuh kuman dan bakteri.

Misalnya, ada hand sanitizer yang dikhususkan untuk pemilik kulit sensitif. Biasanya, jenis hand sanitizer seperti ini dilengkapi dengan bahan obat-obatan tertentu untuk mencegah kulit sensitif mengalami kekeringan atau reaksi kulit lainnya.

Karena adanya tambahan kandungan obat-obatan, maka jenis hand sanitizer yang seperti ini akan memiliki harga yang cenderung lebih mahal.

Memilih hand sanitizer

Banyak orang mempertimbangkan faktor harga ketika akan membeli hand sanitizer. Hal ini wajar, karena Anda akan membeli hand sanitizer dalam jumlah banyak dan tentunya perlu disesuaikan dengan kondisi finansial Anda. 

Akan tetapi, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal lain, seperti faktor-faktor yang sudah disebutkan sebelumnya. Coba perhatikan hal ini ketika akan memilih hand sanitizer:

  • Sesuaikan dengan kebutuhan

Coba pertimbangkan, seperti apa hand sanitizer yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Kalau Anda memiliki kulit sensitif, maka pilihlah hand sanitizer yang memang dikhususkan untuk pemilik kulit sensitif, meskipun harga hand sanitizer jenis ini cenderung lebih mahal.

  • Pertimbangkan kepraktisan

Kalau Anda tipe orang yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan dan tidak punya banyak waktu untuk mencuci tangan, maka pilihlah hand sanitizer dalam bentuk spray. Penggunaannya akan sangat menghemat waktu Anda.

Jadi, selain mempertimbangkan harga hand sanitizer, pertimbangkan juga hal-hal di atas sebelum membeli.

Sumber:

https://www.healthline.com/health/best-hand-sanitizers#best-for-sensitive-skin
https://www.webmd.com/cold-and-flu/news/20130208/hand-sanitizers-germs

Leave a Reply