Manfaat Mengagumkan Centella Asiatica untuk Kulit

Manfaat Mengagumkan Centella Asiatica untuk Kulit

Manfaat Centella Asiatica untuk Kulit

Centella Asiatica merupakan tumbuhan berdaun yang berasal dari Asia. Centella Asiatica sudah bertahun-tahun digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional Cina dan Ayurveda (ilmu kesehatan India).

Manfaat Centella Asiatica untuk Kulit

Tanaman yang juga dikenal dengan nama pegagan, gotu kola atau tiger grass ini banyak digunakan sebagai bahan utama pembuatan produk skincare Korea dengan sebutan cica. 

Centella Asiatica kaya akan antioksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari paparan radikal bebas. Selain itu, tanaman ini juga terkenal karena sifat antibakteri dan antiinflamasi. Centella Asiatica juga dapat menenangkan dan melembabkan kulit kering.

Agar lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat Centella Asiatica untuk kulit yang bisa Anda dapatkan.

1. Mengurangi Stretch Mark

Kandungan terpenoid yang ada pada cica dapat meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Hal ini membuat cica dapat membantu mencegah stretch mark yang baru terbentuk serta juga dapat menyamarkan stretch mark yang sudah ada sebelumnya.

2. Melembabkan Kulit

Dalam sebuah penelitian menunjukkan jika terdapat peningkatan hidrasi kulit setelah penggunaan pelembab dengan kandungan 5% Centella Asiatica secara signifikan  dibandingkan dengan orang yang menggunakan pelembab tanpa kandungan tersebut. Produk kecantikan dengan formula cica bekerja dengan cara meningkatkan hidrasi pada permukaan kulit sehingga membuat kulit terasa lebih lembab.

3. Mencegah Penuaan Dini

Cica kaya akan antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas akibat paparan sinar ultraviolet. Paparan sinar UV bisa menyebabkan kerusakan pada penghalang kulit sehingga mengakibatkan warna kulit tidak merata serta menghilangkan keelastisitasan kulit. Elastisitas kulit yang hilang akan membuat munculnya penuaan dini.

Penggunaan cica mampu meningkatkan sirkulasi darah dan produksi kolagen sehingga dapat mengurangi kerutan dan garis halus yang membuat kulit terlihat lebih kencang.

4. Mengatasi Masalah Kulit

Centella asiatica efektif dalam pengobatan luka, bahkan pada luka yang terinfeksi, serta luka bakar dan bekas luka hipertrofik pasca operasi. Beberapa penelitian juga menunjukkan jika penggunaan cica mungkin berguna dalam pengobatan psoriasis dan scleroderma.

Kandungan “Madecassoside” yang ada pada cica dapat meningkatkan aktivitas antioksidan kulit sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat penghalang kulit untuk menyembuhkan luka dan bekasnya.

Produk Kecantikan yang Mengandung Centella Asiatica

Ada banyak produk kecantikan yang memiliki kandungan utama Centella Asiatica atau cica yaitu:

5. Innisfree – Bija Cica

Produk kecantikan asal Korea satu ini mengeluarkan varian produk dengan kandungan minyak biji dan ekstrak centella asiatica mulai dari masker, mist, gel, balm dan skin. Produk cica dari Innisfree seperti Bija Cica Balm dapat menghaluskan tekstur kulit yang tidak merata dan menguatkan lapisan pelindung kulit.

Harga: Rp 58.000 hingga Rp 330.000

6. Laneige – Cica Sleeping Mask

Laneige sleeping mask merupakan tahapan akhir pemakaian skincare yang cocok untuk pemilik kulit kering dan sensitif dengan formula bebas hipoalergenik 9. Memberikan efek regenerasi yang mampu menenangkan kulit yang teriritasi.

Harga: Rp 450.000

7. Avoskin – Hydrating Treatment Essence

Merk skincare lokal satu ini mengeluarkan essence dengan kandungan niacinamide dan centella asiatica yang mampu menjaga kelembaban kulit serta mengurangi kemerahan pada wajah karena paparan sinar UV. Menariknya, essence ini bisa Anda gunakan sebagai toner, face mist hingga setting spray.

Harga: Rp 109.000

8. Nacific – Fresh Cica Plus

Satu lagi brand Korea yang menghadirkan rangkaian skincare dengan kandungan daun pegagan mulai dari cream, toner dan serum. Salah satu variannya yaitu Cica Plus Clear Cream cocok mampu melembabkan dan melindungi kulit dari radikal bebas. Cream tersebut juga dapat menenangkan kulit sensitif yang juga cocok untuk kulit berjerawat.

Harga: Rp 215.000

9. ElsheSkin – Smoothing Serum

Terakhir, kembali pada produk lokal yaitu ElsheSkin yang mengeluarkan serum untuk kulit berjerawat yang mampu memperbaiki tekstur kulit sekaligus menyamarkan bekas jerawat. Produk ini juga dapat mencegah peradangan pada kulit yang sedang berjerawat.

Harga: Rp 189.000

Centella Asiatica memang memiliki banyak manfaat bagi kulit wajah. Namun penggunaan skincare pada dasarnya tidak sepenuhnya menjanjikan kecocokan pada kulit wajah semua orang. Karena itu, jika setelah penggunaan skincare menunjukkan tanda kemerahan pada kulit wajah, segera hentikan pemakaian.

Leave a Reply