Cara Membuat Panna Cotta Coklat yang Enak dan Mudah

Cara Membuat Panna Cotta Coklat yang Enak dan Mudah

Tahu tidak kamu sama panna cotta? Yup makanan penutup khas Italia itu memang belakangan sangat digemari. Pasalnya, saat kita memakannya, sensasi di mulut betul-betul tiada duanya karena tekstur makanan itu yang lembut dan halus. Keunggulan itu bisa kita rasakan karena dalam pembuatannya panna cotta memakai gelatin. Namun karena harganya yang terlalu mahal, sebagian besar sulit untuk menikmatinya. Akan tetapi, problem itu bisa diatasi karena artikel ini akan memuat cara membuat panna cotta coklat. 

Sebelum membahas topik artikel, perlu kita ketahui dulu kalau panna cotta cokelat ini akan menambah sensasi sedikit rasa pahit di samping manis yang telah diberikan. Tentu rasa itu bisa kita rasakan karena cokelat yang digunakan adalah coklat gelap. Jadi, jangan heran, ya, kalau rasanya lebih nikmat! Nah, tanpa bertele-tele lagi, mari kita simak cara membuat panna cotta coklat. 

Salah satu kunci utama dalam resep pana cotta adalah gelatin

Sebelum kita memasuki tahap cara membuat panna cotta coklat, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan yang dibutuhkan. Adapun bahan yang dibutuhkan adalah 50 sampai 70 gram gula pasir yang ketentuannya disesuaikan dengan selera anda, dan 250 gram whipped cream cair. 

Selanjutnya, anda juga perlu menyiapkan 2,5 satu sendok teh gelatin bubuk yang telah dicampurkan air sebanyak dua sendok makan, 250 gram susu cair rasa cokelat, dan tentunya dark chocolate sebanyak 100 gram dengan kondisi sudah dipotong kecil-kecil. 

Apabila semua bahan sudah tersedia, berikutnya anda tinggal memperhatikan langkah cara membuat panna cotta cokelat sebagaimana yang dituturkan di bawah ini. 

Pertama, anda harus mencampurkan whipped cream cair, susu, dan gula pasir dalam satu wadah untuk kemudian dimasak. Saat proses memasak ini, pastikan api yang anda gunakan tidak terlalu besar dan tak terlalu kecil pula. Ketika proses memasak ini dilakukan, anda perlu juga untuk terus mengaduknya sampai gula yang ada di dalam adonan sudah larut. 

Proses kedua cara membuat panna cotta coklat ialah dengan memasukkan dark chocolate ke dalam adonan yang sebelumnya sudah dimasak secara bersamaan. Dalam proses ini, anda jangan lupa juga terus mengaduknya sampai cokelat benar-benar meleleh dan tercampur sama adonan lainnya  

Langkah ketiga adalah mencampurkan gelatin. Sama dengan tahap sebelumnya, saat gelatin dimasukkan, anda juga perlu mengaduknya sampai adonan tersebut mendidih. Tolok ukur mendidih yang dimaksud adalah munculnya gelembung kecil dalam wadah. 

Setelah tahap itu selesai, itu artinya cara membuat panna cotta coklat sudah hampir rampung. Pasalnya, setelah mendidih dan mengeluarkan gelembung kecil, selanjutnya anda tinggal menuangkannya ke dalam wadah. Akan tetapi, sebelum memasukkannya ke dalam kulkas, anda perlu mendiamkan adonan tersebut sampai dingin atau uap panasnya menghilang. 

Itulah cara mudah yang bisa dilakukan dalam membuat panna cotta coklat. Selain sederhana, sebetulnya bahan yang dibutuhkan juga terbilang gampang untuk ditemukan. Jika anda ingin menambah topping, tentu itu bisa dilakukan sebagai variasi. Lebih lanjut, untuk saran saja, panna cotta cokelat ini sangat asyik sekali disantap ketika masih dingin. Tentu selain sebagai makanan penutup, panna cotta cokelat bisa juga anda makan sebagai camilan. 

Akhir kata, itulah penjelasan ringkas mengenai cara membuat panna cotta coklat. Besar harapan artikel ini bisa membantu anda yang ingin belajar membuat panna cotta. Selain bisa menambah kemampuan resep memasak, masak panna cotta di rumah tentu bisa membuat kita lebih produktif di waktu libur dan yang tak kalah penting juga menghemat banyak uang!

Leave a Reply