Cara Alami Mencegah Diri dari TB MDR

Cara Alami Mencegah Diri dari TB MDR

TB MDR adalah salah satu jenis TB yang disebut mempunyai kemampuan kebal terhadap obat yang diberikan sehingga penderitanya tidak bisa menyembuhkan penyakit tersebut.

Penyebab munculnya jenis TB ini dikarenakan pasien yang tidak tertib dalam meminum obat TBC yang berakibat pada lamanya penyembuhan atau petugas yang menangani pasien tidak tepat dalam memberikan obat.

Tentu Anda tidak ingin terkena penyakit TB ini kan? Untuk itu Anda harus selalu melakukan pencegahan mulai dari mencuci tangan, memakai masker hingga menjaga jarak.

Karena bagaimanapun antara TB biasa dan TB resisten berawal dari TBC yang memang menyebar lewat percikan batuk atau bersin yang mengandung bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Selain dengan menerapkan protokol kesehatan, Anda juga bisa mengonsumsi bahan-bahan alami yang setidaknya membantu Anda mencegah dan mengatasi salah satu penyakit pernapasan ini. Berikut bahan-bahan alami tersebut.

Tekokak

Atau juga terong-terongan merupakan salah satu tanaman herbal yang mengandung zat alami bernama metilkafeat.

Zat aktif alami inilah yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab TBC. Tanaman ini bisa dimanfaatkan pada daun dan buahnya.

Meniran hijau

Anda dapat diri dari terkena TBC dengan cara mengonsumsi meniran hijau yang mempunyai manfaat dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Hal ini karena TBC dapat menyerang kekebalan tubuh yang sedang melemah dan mudah terkena penyakit.

Mimba

Mimba adalah pohon perindang yang biasanya ditemukan di tepi jalan. Daun pohon ini memiliki khasiat untuk mencegah diri terkena TBC.

Hal itu karena adanya dua senyawa nimbidin dan azadirachtin yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri TBC.

Bawang putih

Bawang putih jika diolah menjadi minyak bisa menghasilkan zat antimikroba yang cukup besar untuk melawan bakteri TBC.

Kandungan senyawa dalam bumbu dapur ini, yaitu allicin dan ajoene ternyata mempunyai kemampuan yang setara dengan isoniazid, rifampicin, dan etambutol.

Karena itu, bawang putih bisa menjadi penyerta alternatif bagi pasien TBC untuk segera sembuh secara total.

Teh hijau

Teh hijau mengandung epigallocatechin-3-gallate yang mampu bekerja sebagai obat herbal TBC dengan menurunkan fungsi molekul yang mengandung protein, dan menghambat kelangsungan hidup bakteri TBC.

Ekaliptus lemon

Lemon yang sari dan aromanya sering digunakan sebagai minyak esensial juga dapat dijadikan sebagai obat herbal TBC.

Dalam lemon yang dijadikan sebagai minyak esensial ini terdapat kandungan berupa citronellol, linalool, isopulegol, alpha-terpineol, dan spathulenol yang mampu menangkal dan menurunkan penularan TBC.

Cara pencegahan lainnya

Supaya Anda tidak terkena TBC yang bisa berkembang ke TB MDR, Anda juga dapat melakukan pencegahan lain berupa vaksinasi BCG.

Pemberian vaksin diketahui akan memicu imun-imun tubuh untuk menghasilkan sel yang dapat melindungi seseorang dari terkena TBC.

Tingkat perlindungan dari pemberian vaksin ini adalah di kisaran 50-80% terhadap TBC. Pemberian vaksin BCG sangat penting bagi anak-anak supaya mereka terhindar dari meningitis TBC. Vaksin ini sendiri merupakan salah satu vaksin wajib di Indonesia.

Seperti halnya obat TBC pemberian vaksin juga dapat menimbulkan efek samping berupa rasa nyeri, sakit kepala, demam, peradangan, dan lainnya sehingga pemberiannya juga harus berdasarkan prosedur yang ada namun efek samping ini hanya sebentar daripada Anda harus menderita TBC berkali-kali.

Itulah mengenai obat herbal yang bisa membantu mengatasi dan mencegah penyakit TBC beserta jenisnya, TB MDR yang resisten terhadap obat. Karena itu, penting bagi Anda untuk selalu menjaga diri dalam keadaan sehat.

Leave a Reply