Apa Fungsi Vitamin C? Banyak! Ini Sumbernya

Apa Fungsi Vitamin C? Banyak! Ini Sumbernya

Kalau Anda masih bertanya-tanya, sebenarnya apa fungsi vitamin C, jawabannya banyak banget! Vitamin ini bisa membuat umur Anda lebih panjang. Soalnya dengan kandungan antioksidan tinggi sekaligus mampu mengendurkan pembuluh darah, vitamin ini bisa menurunkan risiko penyakit jantung, kolesterol hipertensi, sampai penyakit Alzheimer yang berkaitan dengan penurunan fungsi otak. 

Pertanyaannya sekarang, bagaimana caranya Anda bisa memperoleh beragam manfaat dari vitamin C tersebut. Jawabannya juga simpel, Anda cukup memenuhi kebutuhan vitamin C harian bagian tubuh yang dianjurkan sebanyak 75-90 mg per hari bagi orang dewasa. 

Anda bisa mengonsumsi suplemen untuk bisa memenuhi kebutuhan vitamin C tersebut. Namun sebenarnya, pemenuhan kebutuhan vitamin C sangat bisa didapatkan dari makanan-makanan alami, khususnya buah dan sayur. Berikut ini adalah segudang sumber vitamin C yang mungkin sudah sering Anda konsumsi. 

Jambu Biji 

Jangan cuma makan jambu berdaging merah muda ini untuk menghindari penyakit demam berdarah. Kenyataannya, sebuah jambu biji dapat mengandung 126 mg vitamin C. Yang artinya, ini hampir 1,5 kali lipat dari kebutuhan vitamin C yang disarankan tiap harinya. Kerennya lagi ada sebuah penelitian yang menemukan fakta bahwa orang-orang muda yang rajin mengonsumsi jambu biji bisa mengalami penurunan kolesterol dan tekanan darah yang signifikan. 

Cabai 

Cabai tidak hanya membuat Anda kepedasan, melainkan juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian untuk tubuh. Dengan mengonsumsi satu cabai hijau besar saja, Anda bisa memperoleh vitamin C sebanyak 109 mg. Sementara itu ketika mengonsumsi satu cabai merah besar, Anda bisa mendapatkan 65 mg vitamin C. 

Pepaya 

Dalam sebuah penelitian, orang-orang dengan gejala Alzheimer ringan yang diberi ekstrak pepaya selama 6 bulan ternyata tidak mengalami penurunan memori yang tajam. Setelah diteliti, ini karena pepaya bisa menurunkan peradangan dan stres oksidatif sampai 40 persen. Dari mana kemampuan tersebut berasal? Ini karena pepaya menyediakna 87 mg vitamin C untuk tiap cangkir yang Anda makan. 

Stroberi 

Pernahkan Anda mendengar apa fungsi vitamin C untuk kulit? Ya, vitamin ini bisa membuat Anda lebih awet muda. Karena alasan ini pulalah, stroberi disebut-sebut sangat mampu mencegah tanda penuaan di wajah maupun bagian lain kulit tubuh Anda. Soalnya, secangkir kecil stroberi sudah mengandung 85 mg vitamin C. 

Kale  

Sayuran silangan yang mirip dengan kangkung ini mengandung 80 mg vitamin C untuk tiap cangkir yang bisa Anda konsumsi. Bukan hanya itu, kale juga bisa menjadi pemasok vitamin K, karatenoid, dan zeaxanthin yang tinggi. Di mana semua nutrisi tersebut baik untuk kesehatan Anda. Khusus untuk pemerolehan vitamin C dari kale, biasakanlah mengonsumsi sayuran ini secara mentah. Contohnya, Anda bisa menjadikannya pilihan lalapan. Ini untuk menghindari penurunan kadar vitamin C pada kale akiabt proses memasak. 

Jeruk 

Cukup memakan satu jeruk berukuran sedang, Anda sudah bisa memperoleh vitamin C sebanyak 70 mg. Ini angka yang besar dan hampir setara dengan kebutuhan minimal tubuh akan vitamin C. Namun, Anda mungkin kaget karena jeruk ternyata bukanlah sumber vitamin C alami yang paling tinggi, ya? 

Kiwi 

Sama seperti jeruk, sebuah kiwi bisa memberikan asupan vitamin C sebanyak 70 mg. Kebanyakan orang akan mengupas kulit buah kiwi ketika hendak melahapnya. Disarankan Anda tidak mengikuti cara tersebut karena pada kulit kiwilah, sumber serat baik dan nutrisi yang luar bisa tersimpan. Anda cukup menggosok bulu halus dari buah ini, kemudian mencucinya, sebelum akhirnya bisa langsung memakan buah ini tanpa mengupas. 

*** 

Jadi kalau ditanya apa fungsi vitamin C dan bagaimana bisa mendapatkan sumber alaminya, Anda sudah tidak akan bingung lagi. Selain menyajikan vitamin C, buah dan sayuran di atas juga sangat kaya nutrisi lain yang tentunya berkhasiat bagi tubuh Anda. 

Leave a Reply