Alami Gejala Ini, Pap Smear di Prodia Denpasar

Alami Gejala Ini, Pap Smear di Prodia Denpasar

Kanker serviks merupakan kanker penyebab kematian kedua tertinggi di Indonesia. Jenis kanker ini lebih mudah menyerang perempuan yang melakukan hubungan seksual perdananya di usia belasan tahun. Kebiasaan hubungan seksual yang tidak sehat, seperti bergonta-ganti pasangan maupun tidak memakai kondom, juga meningkatkan risiko kanker serviks pada perempuan. Pasalnya, kebiasaan-kebiasaan tersebut memungkinkan infeksi HPV yang menjadi awal mula pembentukan sel kanker serviks lebih mudah terjadi. 

Mendapatkan vaksinasi HPV menjadi salah satu cara untuk menurunkan risiko terkena kanker serviks. Namun yang tidak kalah penting, Anda mesti rajin-rajin melakukan pap smear di Prodia Denpasar ataupun fasilitas kesehatan lain yang menyediakan untuk mengecek ada tidaknya pra sel kanker serviks. Jika ketahuan ada, tindakan penanganan yang cepat dan tepat bisa segera dilakukan sehingga kesempatan pulih dapat lebih besar. 

Jadi, kapan Anda mesti melakukan pap smear di Prodia Denpasar atau tempat lain? Tentunya tes ini perlu dilakukan secara rutin tiap tahun. Tidak terkecuali, apabila Anda menemukan gejala-gejala yang mengarah ke kanker serviks seperti di bawah ini, pap smear juga perlu segera dilakukan. 

Sakit saat Berhubungan Seksual 

Ada masalah yang tengah terjadi di tubuh Anda apabila Anda kerap merasakan sakit saat berhubungan seksual. Rasa sakit ketika tengah beraktivitas seksual sendiri merupakan tanda-tanda adanya infeksi menular seksual yang tengah menyerang. Bukan tidak mungkin, infeksi yang ada pada tubuh Anda adalah infeksi HPV yang bisa berkembang cepat menjadi kanker serviks. 

Pendarahan Abnormal dari Vagina 

Yang dimaksud dengan pendarahan abnormal di vagina adalah pendarahan yang muncul di luar waktu normal menstruasi. Jika Anda mengalami pendarahan setelah melakukan hubungan seksual ataupun kadang-kadang menemukan bercak darah di antara periode antar waktu menstruasi, berhati-hatilah karena itu bisa jadi merupakan gejala awal kanker serviks. Cobalah untuk segera buat jadwal pap smear ke Prodia Denpasar guna mendapatkan pengecekan yang pas. 

Keputihan Tidak Wajar 

Keluarnya cairan benih dari vagina atau keputihan bisa terjadi karena banyak faktor. Namun, jika keputihan dirasa tidak wajar karena terjadi cukup sering dan memiliki warna yang menguning, berhati-hatilah karena itu menandakan adanya infeksi di vagina Anda. Terlebih lagi apabila Anda kerap mengalami keputihan yang mengandung sedikit bercak darah, bisa jadi itu merupakan tanda yang mengarah mulai terjadi pembentukan sel kanker pada serviks Anda. 

Nyeri Area Panggul 

Jangan remehkan apabila Anda sering mengalami nyeri panggul. Apalagi jika nyeri panggul yang Anda rasakan kerap menjalar ke area punggung bawah. Pasalnya, kebanyakan pasien kanker serviks mengaku mengalami nyeri panggul yang sangat tidak nyaman dalam beberapa waktu sebelum akhirnya didiagnosis mengalami kanker serviks. Jadi, apakah sudah terpikir untuk melakukan pap smear di Prodia Denpasar jika mengalami nyeri panggul yang berulang? 

Kaki Menjadi Bengkak 

Ini merupakan gejala kanker serviks yang sudah cukup parah. Pembengkakan kaki biasanya dialami oleh penderita kanker serviks yang sudah tahap lanjut. Segera ke fasilitas medis dan dapatkan tes kanker serviks sekarang juga untuk penanganan yang optimal. 

Masalah Buang Air 

Masalah lain yang kerap dialami oleh penderita kanker serviks yang sudah memasuki tahap lanjutan adalah masalah buang air. Anda mungkin akan mengalami kesulitan untuk buang air kecil ataupun buang air besar karena rasa sakit yang mengikuti tiap kali Anda melakukan aktivitas pembuangan tersebut. Gejala masalah buang air lainnya yang khas dari kanker serviks adalah munculnya bercak darah tiap kali Anda mengeluarkan urine. 

Pap smear memang tidak bisa mencegah optimal kanker serviks. Namun, melakukan tes ini di Prodia Denpasar bisa membuat Anda memahami status kesehatan Anda sehingga penanganan yang cepat dan tepat untuk meninkatkan peluang kesembuhan dapat dilakukan. 

Leave a Reply