7 Buah Andalan Atasi Anak Susah BAB

7 Buah Andalan Atasi Anak Susah BAB

anak susah bab

Sembelit atau susah BAB bisa dialami oleh siapapun, baik anak-anak maupun orang dewasa. Terlebih bagi anak yang susah menjaga pola makan dan kekurangan serat, kemungkinan terkena sembelit lebih besar. Selain itu, sembelit juga menyebabkan anak menjadi rewel karena sakit perut. Salah satu yang bisa dilakukan untuk atasi anak susah BAB adalah memperbanyak makanan kaya serat, seperti sayuran dan buah-buahan.

Sayangnya, tidak semua anak mau disiplin mengonsumsi sayur. Memaksa mereka juga bukan tindakan yang tepat. Untuk mengatasi hal tersebut, dorong anak untuk memperbanyak makan buah-buahan Mengingat buah merupakan makanan yang manis dan disukai anak.

Atasi Anak Susah BAB dengan 7 Buah Ini

Selain kekurangan serat, beberapa penyebab lainnya anak susah BAB di antaranya adalah kebiasaan menahan BAB, permasalahan toilet training, alergi susu sapi, atau kekurangan cairan. Apabila anak terkena dehidrasi, maka tubuh berisiko kekurangan cairan dan menyebabkan susah BAB. Sehingga penting untuk menangani dengan memperbanyak minum air putih dan konsumsi buah-buahan. Lantas, buah apa saja yang direkomendasikan untuk mencegah sembelit? Berikut ulasannya.

  1. Buah Naga

Buah naga yang berwarna merah dan bertekstur lembut mudah ditemui dan harganya terjangkau. Anda bisa menyajikan buah naga dengan cara dipotong-potong atau dibuat menjadi jus. Bahkan buah ini bisa dikonsumsi anak-anak balita dan baik untuk melancarkan BAB karena kandungan seratnya melimpah. 

  1. Apel Merah

Apel merah mengandung asam organik, kalium, dan serat. Dengan mengonsumsi buah tersebut, maka dapat mencaharkan feses dan mengurangi lemak jahat pada tubuh. Supaya lebih segar, Anda dapat menyajikan apel merah dengan cara dipotong-potong dan disimpan dalam kulkas tanpa harus memblendernya.

  1. Pir

Meski serupa, namun pir tetap berbeda dengan apel. Ini bisa jadi solusi bagi anak yang tidak suka dengan apel yang teksturnya lebih keras dibandingkan pir. Dengan mengonsumsi buah ini, maka kandungan vitamin dan air yang tinggi dapat mencegah serta mengatasi dehidrasi. Sehingga pir dapat menjadi pencahar alami untuk melancarkan sistem pencernaan. 

  1. Plum

Plum adalah buah yang mengandung antioksidan tinggi dan serat yang baik untuk atasi anak susah BAB. Selain itu, buah plum juga dapat menjadi pencahar alami karena mengandung sorbitol, yaitu kandungan yang berfungsi menyerap air dalam usus dan melembutkan feses. 

  1. Pepaya 

Pepaya adalah salah satu buah yang sudah pasti dikenali sebagai obat sembelit alami. Rasanya yang manis dan bertekstur lembut tentunya disukai oleh anak-anak. Satu buah pepaya berukuran sedang mengandung sekitar 30 gram karbohidrat, 120 kalori, dan 2 gram protein. Buah ini juga mengandung vitamin C tinggi dan memberikan 224% asupan harian. 

  1. Nanas

Kandungan laksatif alami yang terkandung pada buah nanas membantu melancarkan sistem pencernaan pada anak. Selain itu, nanas juga memiliki manfaat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah peradangan. Apabila anak menolak untuk makan nanas secara langsung, Anda dapat mengolahnya menjadi jus yang segar, 

  1. Alpukat

Ada sekitar 2,2 gran kandungan serat di setiap 100 gram alpukat. Itu artinya, masalah pencernaan seperti sembelit dapat diatasi dengan mengonsumsi alpukat. Buah ini juga memiliki kandungan lemak yang baik untuk menambah berat badan anak. 

Itulah informasi singkat mengenai 7 buah untuk mengatasi permasalahan pencernaan. Selain itu, mengatasi anak susah BAB  juga dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung probiotik, seperti yogurt dan tempe. Apabila anak susah BAB dalam waktu yang cukup lama, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Leave a Reply