5 Langkah Menjaga Kebersihan Alat Cukur jenggot

5 Langkah Menjaga Kebersihan Alat Cukur jenggot

Pria sangat disarankan untuk menjaga kebersihan diri, termasuk menata janggut dan kumis. Namun,  perawatan dan pembersihan alat yang digunakan untuk penataan dan pencukuran jenggot dan kumis juga kurang penting. 

Menjaga pisau cukur Anda bersih dan bebas dari bakteri dan bakteri hanya untuk tubuh Anda dan selalu  sehat dan tampan. Penggunaan pisau cukur yang sembarangan dapat menyebabkan perkembangan bakteri eksternal. Selain itu, jika  alat tersebut secara tidak sengaja menggores dagu atau bagian tubuh lainnya dengan pisau cukur, hal yang tidak diinginkan seperti iritasi atau infeksi dapat terjadi. 

Dewasa ini, bercukur  sudah menjadi kebutuhan utama bagi kaum pria, apalagi jika mereka terbiasa tampil cantik dengan kumis dan jenggot yang diinginkan.

Maka dari itu, sangat perlu untuk Anda mengetahui bagaimana cara merawat pisau pada alat cukur jenggot yang baik dan juga benar, agar alat cukur jenggot tersebut bebas dari kuman dan bakteri yang menempel.

Ada beberapa langkah yang perlu Anda ketahui untuk menjaga alat cukur jenggot dan kumis Anda tetap bersih dan bebas dari bakteri dan virus yang dapat menularkan atau menularkan penyakit. Diantaranya yaitu:

Mengganti Pisau Cukur 

Ganti pisau cukur yang sering digunakan. Jangan lupa untuk menggantinya secara berkala. Jika Anda memiliki kumis atau jenggot yang cukup tebal dengan pisau cukur yang cukup kuat, selalu ada baiknya untuk mempertimbangkan kapan harusĀ  menggunakan yang baru. Jika Anda mencukur kumis atau jenggot Anda setiap hari, jangan lupa untuk mengganti pisau cukur Anda setelah menggunakannya setidaknya 6-8 kali. Mencukur secara teratur akan membuat pencukuran lebih mudah, efektif dan higienis.

Alat cukur jenggot elektrik yang bagus antara lain Philips dan Kemei

Biasakan membersihkan mata pisau 

Pastikan untuk membersihkan mata pisau setelah bercukur dengan pisau cukur. Benar-benar tidak ada masalah. Cukup sediakan wadah  berisi air lalu bersihkan pisau cukur bekas dengan cara menuangkannya secara perlahan. Kemudian masukkan ke dalam wadah berisi air panas selama kurang lebih 5 menit dan bilas dengan hati-hati. 

Cara yang seperti ini memiliki tujuan untuk menghilangkan noda atau kotoran yang menempel pada mata pisau alat cukur seperti bakteri, sel kulit mati, dan juga sisa rambut jenggot atau kumis yang ada pada pisau alat cukur ini.

Selalu keringkan 

Setelah digunakan  atau jika Anda hanya mencuci muka dengan air, segera gunakan dengan pisau cukur atau silet dan keringkan dengan kain, handuk, atau handuk kertas yang bersih dan kering. Mengapa? Pisau cukur bisa berkarat jika tidak dikeringkan dengan benar. Ketidaktahuan penggunaan pisau cukur yang berkarat dapat menyebabkan infeksi selain iritasi dan alergi pada kulit wajah. Biarkan mengering secara merata sampai benar-benar kering.

Simpan di Tempat yang Kering

Simpan di tempat yang kering Setelah mencukur jenggot atau kumis di kamar mandi harus berhati-hati untuk tidak meletakkan pencukur di  kamar mandi tanpa wadah pengering. Kelembaban di kamar mandi justru bisa menyebabkan bakteri tumbuh di permukaan pisau cukur yang sering Anda gunakan. 

Cara yang benar untuk melanjutkan adalah mencari tempat yang kering dan kering. Ini juga membantu meminimalkan pertumbuhan bakteri yang terlihat.

Hindari Berbagi atau Bertukar Pisau 

Berbagi dan bertukar pisau cukur dengan teman, kerabat, atau orang lain seperti berbagi bakteri dan kuman di pisau cukur Anda. Sikat gigi juga sama, tetapi Anda tidak ingin terinfeksi dengan mencukur terlalu banyak, bukan? Jadi jangan pernah mencoba untuk meminjamkannya. 

Sekarang setelah Anda mengetahui cara menjaga kebersihan alat cukur, Anda dapat menggunakannya dengan aman, bukan?

Itulah beberapa langkah untuk menjaga kebersihan alat cukur jenggot yang ada. Lakukan pembersihan jauh-jauh hari sebelum Anda menggunakannya atau bersihkan alat cukur jenggot tersebut secara rutin.

Leave a Reply