3 Tes Skrining di Laboratorium Klinik Prodia Kedoya

3 Tes Skrining di Laboratorium Klinik Prodia Kedoya

Ada berbagai jenis pemeriksaan kesehatan. Mereka dapat terbagi menjadi beberapa panel yang disesuaikan baik dengan bagian tubuh maupun dengan jenis kelamin. Pemeriksaan kesehatan pun dapat terbagi pada pemeriksaan laboratorium maupun penunjang diagnostik lainnya.

Satu dari sekian banyak jenis tes atau pemeriksaan kesehatan adalah tes skrining. Laboratorium klinik biasanya menyediakan tes skrining, seperti hepatitis, TBC, dan sifilis. Tes-tes ini bisa Anda jumpai salah satunya di laboratorium klinik Prodia Kedoya.

Berikut 3 macam tes skrining yang tersedia di laboratorium klinik Prodia Kedoya.

Apa itu tes skrining

Tes skrining merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi potensi gangguan kesehatan atau penyakit pada orang yang tidak memiliki gejala penyakit. Tujuannya adalah deteksi dini dan perubahan gaya hidup atau pengawasan, untuk mengurangi risiko penyakit, atau untuk mendeteksinya cukup dini untuk mengobatinya secara efektif. 

Tes skrining bukan sebagai pemeriksaan untuk mendiagnosa atau dengan kata lain, tidak dianggap diagnostik. Tes skrining juga dapat didefinisikan sebagai cara untuk mengetahui apakah orang memiliki peluang lebih tinggi untuk mengalami masalah kesehatan, sehingga pengobatan dini dapat ditawarkan atau informasi diberikan untuk membantu mereka membuat keputusan yang tepat.

Tes skrining hanya memiliki dua hasil, yaitu positif yang berarti menunjukkan bahwa pasien memiliki penyakit atau kondisi tertentu, atau negatif yang berarti menunjukkan bahwa pasien tidak memiliki penyakit atau kondisi tertentu.

Tes skrining mungkin tidak 100% akurat, tapi ini cukup membantu dalam melihat potensi, terlebih jika Anda direkomendasikan oleh penyedia layanan kesehatan Anda. Biasanya setelah hasil skrining menunjukkan hasil positif, Anda akan dirujuk untuk menjalani tes penunjang diagnostik lainnya. 

3 tes skrining di laboratorium klinik Prodia Kedoya

Ada tiga tes skrining yang bisa Anda lakukan guna mengecek kesehatan tubuh Anda. Tes tersebut, di antaranya:

  • Tes skrining sifilis di laboratorium klinik Prodia Kedoya

Sifilis adalah infeksi menular seksual, yang penularannya melalui kontak seksual, seperti melalui seks vaginal, anal, atau oral. Tes sifilis dilakukan dengan mengambil sampel darah, cairan tubuh dan jaringan. Dalam tes sifilis, yang pertama dilakukan adalah tes skrining untuk melihat apakah ada tanda-tanda sifilis. Jika, ya, maka akan dilanjutkan ke tes konfirmasi.

Dalam tes skrining sifilis, tes yang digunakan meliputi:

  • Tes laboratorium penelitian penyakit kelamin: memeriksa darah atau cairan tulang belakang untuk memeriksa adanya antibodi yang diproduksi pada orang yang menderita sifilis. Tapi, antibodi ini tidak diproduksi sebagai reaksi terhadap sifilis secara spesifik, sehingga hasil tes bisa menjadi “abnormal” karena alasan selain sifilis.
  • Tes Rapid Plasma Reagin (RPR): juga digunakan untuk menemukan antibodi sifilis dalam darah
  • Tes skrining hepatitis di laboratorium klinik Prodia Kedoya

Mengutip dari National Center for Biotechnology Information, skrining hepatitis melibatkan pengujian sampel kecil darah untuk menentukan apakah orang tersebut telah terinfeksi virus hepatitis. 

Dari sampel darah ini akan diperiksa antigen dan antibodinya. Antigen adalah zat asing, seperti mikroorganisme, misalnya bakteri, jamur, parasit, virus atau bahan kimia, yang menyerang tubuh. 

Ketika tubuh terpapar antigen, ia menghasilkan antibodi sebagai bagian dari respons imunnya. Antibodi adalah protein yang mengikat antigen untuk mencoba membersihkannya dari tubuh. Tes darah hepatitis mencari antigen atau antibodi yang spesifik untuk setiap jenis virus hepatitis. Hepatitis sendiri terdiri dari hepatitis A, B, dan C.

  • Tes skrining TBC di laboratorium klinik Prodia Kedoya

Tes skrining TBC sangat berguna untuk melihat apakah Anda terinfeksi TBC (tuberculosis) atau berpotensi mengembangkan tuberkulosis aktif (TB) dan menjadi menular. Ini sangat berguna untuk mengambil keputusan selanjutnya dalam tes konfirmasi dan rencana pengobatan.

Ada dua jenis tes yang direkomendasikan oleh CDC, IDSA, dan WHO, yaitu Tes Kulit Tuberkulin (TST) dan tes darah TB (IGRA). Tes kulit lebih sering digunakan, tetapi tes darah menjadi lebih umum dan semakin populer. Penyedia layanan kesehatan Anda akan merekomendasikan jenis tes TBC mana yang terbaik untuk Anda. Di Prodia Kedoya sendiri yang digunakan adalah tes kulit dan foto rontgen.

Prodia Kedoya sebagai laboratorium klinik untuk pemeriksaan kesehatan masyarakat menyediakan tes skrining yang menjadi bagian dari medical checkup. Ada tiga tes skrining yang populer dan banyak tersedia di Prodia, khususnya di laboratorium Klinik Prodia.

Anda mungkin bisa melakukan home service atau mungkin diperlukan perjanjian sebelum melakukan pemeriksaan. Untuk itu, Anda bisa menghubungi terlebih dahulu kliniknya. Anda juga bisa memeriksa jadwal praktik dokter dan memesan janji temu di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya sekarang di App Store dan Play Store. 

Leave a Reply